Kiat Sukses Berbisnis ala Pengusaha Ternama F&B Yooky Tjahrial

Konsultan Food and Beverage (F&B) Yooky Tjahrial
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Konsultan Food and Beverage (F&B) Yooky Tjahrial, mengajak anak muda untuk tertarik terjun dalam dunia bisnis, khususnya di bidang F&B. Sebab, usahan tersebut sangat menjanjikan dan berpeluang besar.

Pendiri Baba Rafi Berbagi Pengalaman Bisnis di Singapura

Bermodalkan pengalaman 30 tahun dan sukses bergelut di bidang F&B, Yooky pun memberikan kunci kesuksesan kepada generasi milenial dalam acara Yooky talkie goes to cafe bertajuk 'Mau Tau Resep Rahasia Bisnis Maju' di Surabaya, Jumat 15 Desember 2023.

Caleg DPR RI dari PAN ini membocorkan, ada dua kiat khusus yang itu sifatnya sangat fundament, sehingga harus dimiliki pengusaha pemula agar meminimalisir target usaha berjalan dengan baik.

Sosok Kartini Jadi Inspirasi Kris Dayanti sebagai Anggota DPR Sekaligus IRT

Yang pertama, ilmu dasar yang ia paparkan yakni Business Plan (Perencanaan Bisnis).  Business Plan kata Yooky adalah suatu hal yang sangat penting dalam memulai usaha atau bisnis apapun itu. "Saya yakin semuanya butuh perencanaan," katanya.

Dalam membuat suatu business plan, tidak boleh sembarangan. Harus diperhitungkan secara matang, mulai dari latar belakang, jenis usaha hingga pangsa pasar. Semakin didetailkan business plan maka semakin menekan potensi kerugian di tengah jalan.

Raup Ratusan Ribu Suara, Mas Ibas Ucapkan Terima Kasih ke Pemilih

"Artinya segala sesuatu itu harus direncanakan. Sejauh apa untuk size business seperti ini, paling engak perencanaanya harus se detail ini," terangnya.

Jika business plan sudah jadi, langkah kedua dan tidak kalah pentingnya yakni membuat hand book. Ia jelaskan hand book itu memuat segala hal yang menjadi panduan dan standarisasi ketika nantinya bisnis dilaksanakan.

Halaman Selanjutnya
img_title