PAN Jatim Klarifikasi Ihwal Pidato Zulhas, Minta Video Didengarkan Utuh

Ketua PAN Jatim, Ahmad Rizki Sadig
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Timur (Jatim), Ahmad Rizki Sadig turut angkat bicara soal viralnya potongan video Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang diduga menjadikan agama sebagai bahan candaan.

Heboh Caleg Rela Jual Ginjal di Bondowoso, PAN Jatim Merespons

Rizki meminta semua pihat tidak salah paham dan menonton video secara utuh, tidak sekadar potongan-potongan. Sebab, jika dilihat secara utuh, dalam video tersebut, menurutnya tidak nampak Zulhas sedang bercanda. 

"Kalo denger video utuh ga ada nuansa becanda sih itu. Tapi menceritakan fenomena di sebagian masyarakat," kata Rizky saat dikonfirmasi, Rabu 20 Desember 2023.

Dugaan Pelanggaran Netralitas, Bawaslu Mojokerto Panggil Kades Pandanarum

Ia menuturkan, apa yang dikatakan Menteri Perdagangan tersebut bukanlah diniatkan untuk bercanda atau bahkan berbohong. Namun, Zulhan lebih kepada bercerita bahwa ia mendengar laporan masyarakat terkai gerakan shalat yang tak biasa saat blusukan ke daerah-daerah.

"Temuan itu bukan praktek sholatnya. Tapi omongan-omongan di masyarakat saat beliau keliling-keliling, cerita-cerita aja," tuturnya.

Ketum MUI Minta Candaan Zulhas soal Ucapan Amin saat Salat Tak Diperpanjang

Sebetulnya, jika dicerna secara matang lanjut Rizki, pernyataan Zulhas adalah sebuah ajakan agar masyarakat Indonesia selalu menjaga keamanan dan ketertiban, lebih-lebih tidak mempolitisasi agama menjelang pemilu 2024.

"Menurut saya itu ajakan kebaikan sesuai anjuran Guru-guru ketum yang disampaikan sebelumnya. Jangan jadikan isu agama untuk kepentingan politik," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title