Antisipasi Lonjakan Kendaraan Saat Nataru, Gardu Gerbang Tol Madiun dan Nganjuk Ditambah

Gerbang Tol Madiun
Sumber :
  • Istimewa

Madiun, VIVA Jatim –Jumlah gardu di Gerbang Tol (GT) Madiun dan Nganjuk, Jawa Timur ditambah. PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) menyatakan penambahan gardu ini untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan selama libur akhir tahun Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Arus Balik di Simpang 4 Durenan Trenggalek Terpantau Padat Merayap

Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri Arie Irianto mengatakan, JNK telah meningkatkan kapasitas gardu menjadi lima lajur untuk masuk dan keluar, masing-masing di GT Madiun dan Nganjuk, dari sebelumnya hanya ada tiga.

"JNK telah menyiapkan layanan transaksi seperti meningkatkan kapasitas gardu masuk sebanyak 5 lajur di antaranya 1 lajur eksisting dan 4 lajur dengan sistem transaksi menggunakan 'Oblique Approach Booth' (OAB) Mobile Reader," ujarnya dalam rilis yang diterima Viva Jatim, Minggu 24 Desember 2023.

H+4 Libur Lebaran, Jalur Wisata Trawas - Pacet Mojokerto Ramai Lancar

Untuk gardu keluar juga disiapkan sebanyak 5 lajur yang terdiri atas 3 gardu existing, 1 gardu GTO "reversible", dan 1 gardu OAB dioperasikan secara situasional pada periode libur Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Menurutnya, penambahan tersebut untuk menghindari antrean di gerbang tol di Madiun dan Kabupaten Nganjuk.

Selama Libur Lebaran, Satlantas Polres Nganjuk Siapkan Bengkel Keliling Gratis Layani Pemudik

Arie mengatakan selama libur panjang Natal dan tahun baru tersebut diperkirakan terjadi lonjakan volume kendaraan yang keluar maupun masuk di ruas tol tersebut.

"PT JNK memprediksi pada arus mudik terjadi lonjakan volume kendaraan sebesar 45,6 persen lebih banyak dibandingkan dengan kondisi normal bulan Oktober 2023. Sedangkan pada arus balik, diprediksi terjadi lonjakan kendaraan sebesar 43,4 persen lebih banyak dibandingkan dengan kondisi normal bulan Oktober 2023," kata dia.

Halaman Selanjutnya
img_title