Insiden Kebakaran di Trenggalek: dari 60 Kejadian, 51 Kali karena Lalai

Petugas Damkar memadamkan api.
Sumber :
  • Satpol PPK Trenggalek

Trenggalek, VIVA JatimKebakaran mewarnai di semester II tahun 2023 terbilang banyak tersebar dihampir seluruh kecamatan se-Trenggalek. Dari puluhan tersebut mayoritas penyebab kebakaran gegara human error atau kelalaian manusia.

Gudang Penyimpanan Beras Milik Kades Ludes Terbakar, Api Berasal dari Mesin Giling

Data kejadian kebakaran tersebut yang diberikan Satuan Polisi Pamong Praja dan Kebakaran (Satpol PPK) Trenggalek total kejadian kebakaran dari Agustus hingga 30 Desember 2023 sebanyak 60 kejadian. Dan kelalaian manusia sebanyak 51 kejadian.

"Ada yang korsleting hubungan arus pendek listrik, pengapian di kandang ternak. Kalau yang human error atau kelalaian manusia biasanya memasak, atau memanaskan aga tidak basi, lalu ditinggal ke tetangga," ungkap Kasatpol PPK Trenggalek, Triadi Atmono saat dikonfirmasi, Sabtu, 30 Desember 2023.

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

Triadi menambahkan bahwa tahun ini kejadian kebakaran lebih banyak dibandingkan tahun 2022. Salah satu penyebab juga karena adanya El Nino atau kemarau panjang, sehingga mudah menjalar jika benda terkena percikan api.

Ia mengaku, jumlah tersebut belum termasuk kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Untuk kebakaran bangunan, kandang maupun dapur  di tahun sebelumnya ada 30 kejadian, atau meningkat 100 persen.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

"Musim panas kondisi suhu di mulai bulan Agustus yang meningkat, sehingga banyak yang mudah terbakar. Kebakaran tersebut tersebar se-Kabupaten Trenggalek di 14 kecamatan," ulasnya.

Data terjadi kebakaran dimulai pada bulan Agustus 2023, ada 3 kebakaran. Dengan penyebab korsleting listrik 1 kejadian, kelalaian atau human error ada 2. Bulan September tercatat kebakaran sebanyak 10 kejadian. 

Halaman Selanjutnya
img_title