Tsunami Setinggi 1,2 Meter Menghantam Kota Ishikawa Jepang

Ilustrasi Gelombang Tsunami
Sumber :
  • Viva

Jepang, VIVA JatimTsunami setinggi lebih dari 1,2 meter melanda kota Wajima, Prefektur Ishikawa pada Senin, 1 Januari 2024, pukul 16:21 waktu setempat. Insiden ini menyusul gempa besar yang melanda wilayah tersebut.

Gempa Terkini 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo

Dikutip dari VIVA, Senin 1 Januari 2023, Kota Toyama, prefektur Toyama, juga melaporkan adanya tsunami setinggi 80 sentimeter pada pukul 16.35 waktu setempat.

Kota Kashiwazaki, prefektur Niigata, juga menyaksikan tsunami setinggi 40 sentimeter pada pukul 16:36 waktu setempat.

Mau Kuliah Gratis di Jepang Plus Uang Saku Rp12 Juta Perbulan? Buruan Daftar!

Selain itu, tsunami telah mencapai pesisir Laut Jepang. Tsunami juga akan berulang kali melanda pantai dan mungkin akan menjadi lebih tinggi. 

"Masyarakat yang berada di wilayah tersebut harus segera mengungsi. Tetap waspada dan melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi dan pergi sejauh mungkin dari pantai," tulis NHK.

Gempa Bumi 7,4 SR yang Melanda Taiwan Berpotensi Tsunami, Berdampak ke Indonesia?

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Jepang secara resmi mengeluarkan peringatan tsunami besar, setelah gempa berkekuatan 7,6 skala Richter melanda wilayah tengah.

"Warga di daerah pesisir Noto di prefektur Ishikawa, diminta untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi,” kata lembaga penyiaran nasional NHK.

Halaman Selanjutnya
img_title