Menengok Ragam Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru Islam di Indonesia

Pawai obor menyambut tahun baru Islam
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, dikenal kaya akan tradisi dan budaya. Salah satu kekayaan dari transisi dan budaya Bumi Pertiwi ini terlibat pada saat menyambut Tahun Baru Islam di setiap tanggal 1 Muharram

Ya, momen pergantian tahun versi kalender Hijriyah ini disambut dengan penuh meriah dan suka cita. Tak kalah meriah dengan menyambut tahun baru Masehi pada umumnya. 

Di kalangan masyarakat Jawa misalnya, awal Tahun Baru Islam ini dikenal dengan istilah malam Satu Suro. Istilah tersebut merujuk pada penyebutan bulan Muharram, yakni Asyura.

Selain penamaan yang beragam, Indonesia mempunyai banyak tradisi acara peringatan tahun baru Islam yang sarat makna religius dan nilai-nilai budaya lokal. Akulturasi tersebut mencerminkan kekayaan budaya Nusantara. 

Dikutip dari VIVA, Senin, 8 Juli 2024, berikut ini ragam tradisi perayaan Tahun Baru Islam di Indonesia

1. Pawai Obor

Pawai obor acap dilakukan setiap pergantian tahun baru Islam di berbagai wilayah. Diketahui kegiatan ini berasal dari Jakarta. Anak-anak hingga orang dewasa kompak berkeliling kampung sambil membawa obor dan melantunkan sholawat. Menciptakan suasana meriah dan penuh doa yang seolah menerangi malam Tahun Baru Islam dengan semangat dan keceriaan.