Sejarah Lato-Lato, Permainan Viral yang Digandrungi Masyarakat Indonesia

Lato-Lato
Sumber :
  • Youtube/Fikrifadlu

Jatim – Beberapa minggu ini dunia maya dihebohkan dengan permainan lato-lato. Hal ini menjadi gempar karena dimainkan oleh semua kalangan. Bahkan Presiden Joko Widodo mencoba memainkan yang tengah viral tersebut. Lato-lato dapat meningkatkan konsentrasi anak dan membantu tumbuh kembang.

Di sisi lain, bagi yang belum mahir dapat membahayakan orang yang memainkannya. Maka perlu hati-hati. Karena bola kecil tersebut sangat keras dan dapat membuat lebam di daerah pergelangan tangan. 

Suara tek-tek itu dapat memancing penasaran seseorang untuk memainkannya juga. Bentuknya berupa bola dengan tali yang terdapat cincin pengait pada bagian ujungnya. 

Bermain lato-lato sekilas Nampak mudah, akan tetapi perlu teknik yang tepat untuk membenturkan kedua bola tersebut dengan tepat. Tanpa mengenai lengan atau tubuh lainnya.

Tahukah kalian jika lato-lato berasal dari luar Indonesia? Nah, kali ini Viva Jatim bakal menjelaskan darimana sebenarnya permainan ini berasal.

Dikutip dari berbagai sumber, bahwa permainan lato-lato sebenarnya berasal dari Amerika dan pernah tren di tahun 1970-an. 

Di benua Amerika, lato-lato mempunyai banyak nama. Di antaranya click-clacks, knockers, ker-bangers, atau yang paling populer clackers.