Aman dan Mudah, Ninja Xpress Bagikan Tips Bungkus Barang yang Efektif
- Istimewa
Surabaya, VIVA Jatim – Kementerian Perdagangan melaporkan terdapat 3.692 pengaduan konsumen yang melayani di pada semester pertama 2022. Sebanyak 86,1 persen atau 3.181 pengaduan berasal dari sektor E Commerce.
Salah satu aduan yang mereka laporkan kepada Kementerian Perdagangan adalah pembelian barang yang tidak sesuai dengan perjanjian atau rusak karena packaging yang tidak aman. Oleh karena itu, penting diketahui bagaimana menerapkan pembungkusan yang baik untuk menjaga paket tetap aman.
Hal itu juga terjadi dalam proses pengiriman Ninja Xpress. Apabila ditemukan barang dengan kemasan yang rusak sebelum didistribusikan ke alamat tujuan, maka akan ditangani sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) Ninja Xpress.
Selanjutnya akan dilakukan pelaporan kemasan rusak untuk diperiksa oleh tim Recovery Ninja Xpress untuk dicarikan solusi penanganan yang tepat, seperti melakukan pengemasan ulang dan melanjutkan pengiriman, atau membuat ticket assignment untuk investigasi lebih lanjut.
Untuk membantu UKM melindungi barang mereka dari kerusakan selama proses pengiriman, Ninja Xpress, perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi terkemuka di Indonesia, membagikan enam tips membungkus barang yang efektif untuk memastikan barang terkirim dengan aman ke konsumen.
1. Perhatikan Jenis Barang yang akan Dikirim
Sebelum membungkus barang, penting untuk memperhatikan jenis barang yang akan dikirim. Terdapat beberapa barang yang membutuhkan perlakuan ekstra karena karakteristik barang akan mempengaruhi cara membungkusnya. Misalnya, untuk membungkus barang pecah belah, maka perlu bantalan ekstra berupa tambahan bubble wrap atau carton corrugated (karton bentuk bergelombang), serta jika dibutuhkan bisa juga menggunakan packing kayu agar lebih aman.