Lakukan Inovasi, Cargill Gresik Umumkan Lini Produksi Kakao untuk Pasar Asia

Salah satu inovasi produk Cargill untuk pasar Asia
Sumber :
  • Viva Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, VIVA Jatim – Seiring dengan terus meningkatnya permintaan di pasar Asia untuk makanan dan minuman yang kaya rasa dan inovatif, Cargill mengumumkan peresmian lini produksi kakao baru di pabrik pengolahan kakao Gresik, Selasa, 1 Oktober 2024.

Untuk menandai peresmian serta unjuk kemampuan lini baru ini, Cargill meluncurkan beberapa produk, yaitu dua varian kakao bubuk Gerkens dengan rona warna gelap dan profil rasa premium, serta serangkaian varian baru kakao massa Cargill Craft yang menghadirkan berbagai rasa mulai dari fruity, fresh hingga roasted.

Gerkens Max80 kakao bubuk yang menghasilkan warna cokelat gelap dengan profil rasa cokelat yang pekat. Gerkens Max78 kakao bubuk dengan warna cokelat pekat, aroma dan rasa kakao yang kuat serta sentuhan roasted yang lembut. Cargill AFB10 kakao massa dengan rasa buah tropis. Cargill ASA00 kakao massa dengan rasa cokelat pahit manis dan Cargill ASM00 kakao massa dengan cita rasa roasted dan sentuhan rasa buah.

Untuk kategori bakery (roti), es krim, dan produk cokelat melalui investasi di fasilitas Gresik, yang merupakan pusat penting bagi inovasi dan produksi kakao Cargill di Asia. Perusahaan ini kini mampu memanfaatkan kemampuan gabungan dari lini produksi barunya dan Cargill Cocoa Development Centre yang telah beroperasi di Gresik sejak November lalu.

Francesca Kleemans, Managing Director Cargill Food Solutions Asia Tenggara, mengungkapkan dalam produk bakery (roti), es krim, dan cokelat, serta minuman ala café, kakao dan cokelat selalu menjadi salah satu bahan yang paling populer.

"Cargill memperkirakan dalam jangka waktu beberapa tahun mendatang, permintaan konsumen Asia pada kategori makanan tersebut akan melonjak secara signifikan, dipengaruhi oleh tren konsumsi terhadap pengalaman multisensori, kebutuhan akan makanan yang lezat namun sehat, serta pola konsumsi yang bertanggung jawab," katanya.

Melengkapi lini produksi kakao yang sudah ada di fasilitas Gresik, lini baru ini memungkinkan produksi solusi kakao khusus dengan kustomisasi atau tingkat penyesuaian yang lebih tinggi, memungkinkan kemampuan pabrik untuk menghasilkan produk kakao bubuk dan kakao massa (cocoa liquor) dengan profil rasa dan sensori yang unik untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Asia yang beragam.