Respons Mahfud MD Ihwal Rektor Unair yang Bungkam soal Dekan FK Dicopot

Mantan Menko Polhukam, Mahfud MD
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Polemik penolakan wacana mendatangkan dokter asing yang dihembuskan Kementerian Kesehatan RI disinyalir ada kaitannya dengan pencopotan Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga, Prof Dr Budi Santoso. 

Guru Besar Hukum Tata Negara di Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta, Mahfud MD pun angkat bicara. Ia merespons pemberhentian Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Prof. Dr Budi Santoso tersebut. 

Apalagi, pemberhentian itu dikaitan dengan sikap penolakan Prof Budi Santoso terhadap wacana Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin yang ingin mendatangkan dokter asing ke Indonesia. 

"Publik menunggu kejelasan tentang pemberhentian Dekan Fakultas Kedokteran Unair Prof. Budi Santoso oleh Rektor Unair Rektor Unair Prof. Nasih," kata Mahfud MD melalui akun X resminya, Minggu, 7 Juli 2024.

"Prof. Budi maupun Prof. Nasih adalah sahabat baik saya. Keduanya adalah orang-orang baik, terbuka terhadap perbedaan, dan tawadhu' dalam keseharian," sambungnya.

Mahfud mengaku sering diundang memberikan ceramah baik di Unair maupun di FK Unair. Ia kerap diminta berbicara tentang 'Demokrasi dan Hukum' atau tentang 'Etika Profesi dan Etika Keilmuan'. 

"Sangat mengejutkan ketika ada berita pemberhentian atas Dekan FK tersebut oleh Rektor setelah ada berita Dekan FK menolak masuknya dokter-dokter asing ke Indonesia," ujarnya