Ekonomi Jawa Timur Tumbuh Tertinggi di Pulau Jawa, Pj. Gubernur Adhy: Optimis Terus Maju

Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Surabaya, VIVA JatimEkonomi Jawa Timur pada triwulan II 2024 tumbuh positif sebesar 2,87% (q-to-q), atau sebesar 4,98% (y-on-y), dan 4,90% secara kumulatif berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) terbaru. Capaian impresif ini bahkan mencatatkan Jawa Timur sebagai provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi se-Pulau Jawa. 

Adanya pertumbuhan ini, Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono mengaku bangga. Ia juga menekankan capaian ini berhasil diraih Jatim bukan dengan cuma-cuma. Melainkan buah kerja keras dan kolaborasi sukses semua lapisan pemerintah dan masyarakat. 

"Alhamdulillah Jatim terus bangkit. Kami optimis capaian ini, akan mendorong Jawa Timur menjadi provinsi yang lebih maju, lebih hebat dengan ekonomi lebih kuat," katanya di Surabaya, Kamis 8 Februari 2024.

"Kami di Pemerintah Provinsi Jawa Timur selalu berbenah dan memiliki target untuk jadi lebih baik dari tahun ke tahun. Alhamdulillah, pertumbuhan ekonomi tertinggi ini bukti komitmen kami untuk terus progresif," imbuhnya. 

Untuk pertumbuhan ekonomi Jatim secara q-to-q yang naik sebesar 2,87%, pertumbuhan tertinggi terjadi pada Kategori Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan yang tumbuh 27,90%. Diikuti oleh Administrasi Pemerintahan, serta Jasa Lainnya.

"Ada peningkatan signifikan di tanaman pangan sebagai salah satu leading sectors lapangan usaha seiring bergesernya puncak panen padi yang produksinya sebesar 32% (y-on-y). Selain itu, triwulan kedua ini juga masa awal dari panen tebu," katanya. 

Sementara jika ditinjau secara y-on-y dimana ekonomi Jatim tumbuh 4,98 %, dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi ada pada Lapangan Usaha Pengadaan Listrik dan Gas yang tumbuh sebesar 12,69%. Sedangkan dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi ada pada komponen PK-LNPRT yang tumbuh 12,01%.