Kemendag Dorong Pemerintah Daerah dan Pelaku Usaha Buka Peluang Investasi

Forum Bisnis Daerah (FORBISDA)
Sumber :
  • Rahmat Fajar

Surabaya, Viva Jatim-Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Moga Simatupang mendorong pemerintah daerah dan pelaku usaha dapat membuka peluang investasi di daerah masing-masing. Sehingga tidak hanya fokus terhadap aktivitas perdagangannya saja.

"Sehingga delegasi yang datang apabila dipresentasikan terkait peluang investasi yang mungkin sumber pendanaan dari daerah tersebut terbatas mendapat investor dari daerah lainnya," ujar Moga dalam acara Forum Bisnis Daerah (FORBISDA), di JW Marriot Hotel Surabaya, Kamis, 19 September 2024.

Menurut Moga, kolaborasi antar daerah sangat dibutuhkan. Dengan membuka mempresentasikan peluang investasi di masing-masing daerah maka, pola pengisian kebutuhan pokok dan distribusi dapat saling mengisi antar daerah.

Pemerintah, kata Moga, mendukung apa yang dilakukan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia lewat Forbisda. Bentuk dukungan pemerintah kepada mereka yaitu berupa penyempurnaan regulasi serta sarana dan prasarana.

Ketua Bidang Energi dan Sumberdaya Mineral Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) yang sekaligus Bupati Morowali Utara, Delis Jurkarson menilai Forbisda merupakan kolaborasi yang baik antara Kadin, Kemendag dan Apkasi. Menurutnya ini bagus dalam rangka membangun komunikasi dan sinergitas untuk mendorong pertumbuhan ekonomi serta bisnis di daerah.

Melalui Forbisda, ia berharap kerjasama bisnis tidak lagi B2B antar pelaku usaha. Melainkan bisa didorong terjalin kerjasama antar pemerintah daerah. Dan hal pertama yang bisa dilakukan adalah sharing data terkait daerah-daerah yang surplus maupun membutuhkan terhadap produk tertentu.

"Jika ketika data ini tersaji dengan baik maka ini bisa ditindak lanjuti oleh pelaku usaha sebagai peluang yang bisa ditindak lanjuti," kata Delis.