Situs Kumitir Mojokerto Kembali Dieskavasi, Ini Targetnya

Situs Kumitir Mojokerto kembali dieskavasi.
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim –Masih ingat temuan Situs Kumitir di Mojokerto, tepatnya di di Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto? Situs yang diduga bekas istana Batara (Bhre) Wengker ini mulai diekskavasi kembali. 

Ekskavasi dilukakan oleh tim dari Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI Jatim mulai 17 September sampai 9 Oktober 2024. 3 hari pertama, tim lebih dulu membuat layout atau garis batas penggalian. Selanjutnya baru melangsungkan penggalian arkeologis

“Targetnya kami akan menampakkan bagian struktur yang sudah ada. Dari rekontruksi kami itu kan ada semacam talud (dinding) yang berdenah segi empat panjang membujur arah barat timur,” kata Ketua Tim Ekskavasi Situs Kumitir M Ichwan saat ditemuai di lokasi, Kamis, 19 September 2024. 

Situs Kumitir telah empat kali diekskavasi sejak 2019 hingga 2021. Pada penggalian keempat September 2021 silam, tim arkeolog berhasil menampakkan dua titik tapak gerbang istana Bhre Wengker. Struktur bata merah berdimensi 1,7 x 1,7 meter ini terpisah jarak 12 meter dan menghadap ke barat. 

Tahun 2024 ini, tim akan menggali di tiga titik. Yakni, dua titik di sisi selatan tapak gapura dan satu titik tepat di utara makam Mbah Sagu. Luasannya sekitar 500 meter persegi. 

“Dari lokasi itu berada di lahan yang telah dibebaskan BPK,” tandasnya. 

Ekskavasi lanjutan ini didanai oleh BPK Wilayah IX Jatim dengan melibatkan 25 orang tim teknis dan 25 tenaga pembantu.