Diduga Hendak Selewengkan Bantuan Beras, 3 Oknum Perangkat Desa di Mojokerto Digerebek Warga

Beras bantuan Badan Pangan Nasional yang diduga hendak diselewengkan.
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim –3 Oknum perangkat Desa Baureno, Kecamatan Jatirejo, Mojokerto digerebak warga di sebuah rumah saat diduga hendak menyelewengkan bantuan beras dari Badan Pangan Nasional (Bapanas).

Video detik-detik penggerebakan tersebut beredar luas melalui pesan berantai di aplikasi percakapan. Dalam video yang diterima, si perekam mendatangi 3 perangkat desa yang sedang santai di dalam sebuah rumah. 

Mereka terdiri dari satu laki-laki dan dua perempuan. Saat itu, mereka nampak masih mengenakan pakaian dinas warna cokelat. 

Lalu, perekam menunjukkan suasana di dalam garasi rumah. terlihat satu unit mobil pikap mengangkut puluhan karung beras bantuan pangan.

Camat Jatirejo Harfendy Setiyapraja membenarkan hal tersebut. Ia menjelaskan, penggerebakan itu terjadi di sebuah rumah di Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan pada Selasa, 8 Agustus 2024 siang. Menurutnya, rumah tersebut milik salah satu salah perangkat Desa Baureno

“Saya dapat informasi kejadian (penggerebakan) itu jam 16.00 WIB. Itu beras program bantuan pangan dari Badan Pangan Nasional,” katanya saat dikonfirmasi VIVA Jatim, Rabu, 9 Oktober 2024. 

Mulanya, lanjut dia, ada penyaluran bantuan beras untuk 547 KPM di Desa Baureno oleh PT Pos Indonesia mulai pukul 08.00 - 11.30 WIB. Masing-masing KPM mendapat 10 kg beras.