Hasil Debat Pilbup Situbondo: Rio-Ulfi Lebih Realistis, Karna-Khoi Tak Kuasai Materi

Debat perdana Pilkada Situbondo
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) atau Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Situbondo terus berlangsung. Saat ini, tahapan itu telah sampai pada ajang debat publik pasangan calon (paslon) yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. 

Paslon nomor urut 1, Yusuf Rio Wahyu Prayogo dan Ulfiyah memiliki program dan jawaban yang lebih realistis, sedangkan paslon nomor urut 2, Karna Suswandi-Khoirani terbilang tak menguasai materi.

Debat perdana calon Bupati Situbondo, digelar di Studio JTV Surabaya, Kamis malam, 10 Oktober 2024. KPU Situbondo dalam debat pertamanya, memilih tema perekonomian yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan memajukan daerah.

Paslon nomor urut 1, Yusuf Rio Wahyu Prayogo yang didampingi Ulfiyah, menegaskan bahwa Situbondo harus naik kelas, tentunya dengan semangat Entrepreneur Mindset. "Jika Mas Rio dan Mbak Ulfi terpilih, seluruh stakeholder di Pemkab Situbondo tidak hanya menjadi administratur. Namun harus menjadi pejuang UMKM," tegas Rio dalam debat.

Sementara Karna, berjanji ke depan akan melibatkan 5.000 pemuda UMKM, yang diharapkan mampu melahirkan 10 ribu produk. Meski saat dikejar pertanyaan merealisasikannya oleh Rio, Karna tidak mampu memberi jawaban secara spesifik.

Perdebatan kembali terjadi, setelah pembawa acara debat memberi pertanyaan, tentang tingginya angka kemiskinan di Situbondo yang posisinya malah di atas Pemprov Jatim. "Kami memberi bantuan bedah rumah layak huni dan jambanisasi," jawab Karna.

Bagi Rio, solusi menekan angka kemiskinan harus dengan pendekatan entrepreneur mindset seperti awal dia sampaikan bersama Ulfi. "Kita harus mengedepankan cara pandang entrepreneur. UMKM di Situbondo perlu dijembatani oleh pemimpinnya, Bupati bersama Wakil Bupati Situbondo," tegas Rio.