Jelang Pilkada Serentak 2024, Pj Gubernur Jatim Kumpulkan Forkopimda

Rakor Fokopimda Jelang Pilkada Serentak 2024
Sumber :
  • Rahmat Fajar

Surabaya, VIVA Jatim-Penjabat Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono mengumpulkan Forkopimda Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur jelang Pilkada Serentak 2024, di The Westin Surabaya, Rabu, 16 Oktober 2024. Adhy menekankan agar para Forkopimda mengantisipasi kerawanan Pilkada.

Adhy menyebutkan ada beberapa kerawanan yang ditekankan dalam rapat koordinasi tersebut. Seperti proses kecurangan pilkada. Adhy mengatakan pengalaman Pilpres dan Pilkada sebelumnya membuat Pemprov belajar tentang kerawanan apa saja yang mesti diantisipasi.

"Kita sudah betul-betul tahu situasinya, kasus-kasusnya dan ini supaya tidak terulang dilakukan antisipasi mulai dari sekarang," ujar Adhy usai acara Rakor Forkopimda.

Adhy juga meminta kepada Pj bupati yang daerahnya terdapat calon di mana sebelumnya adalah bupati dan wakil bupati namun tidak berpasangan agar menjawa keseimbangan. Adhy meminta pada Pj bupati agar tetap menjaga netralitas.

Dalam kesempatan tersebut, Adhy juga mengingatkan jangan sampai fasilitas negara digunakan untuk salah satu calon. Adhy bersyukur TNI/Polri dan Kejati menjamin keamanan Pilkada Serentak 2024.

"Mudah-mudahan apa yang didapatkan dari Rakor ini bisa memastikan bahwa Pilkada di Jawa Timur baik pemilihan gubernur, bupati dan walikota berjalan dengan baik, aman damai dan terkendali dan tingkat partisipasinya meningkat," katanya.

Sejauh ini, lanjut Adhy, Pemprov belum mendapatkan laporan terkait kerawanan yang mencolok. Namun yang mulai terlihat adalah serangan-serangan di media sosial.