Berkah Pilkada, Pengusaha Konveksi di Lamongan Kebanjiran Cuan

Pekerja konversi saat memproduksi kaos
Sumber :
  • Viva Jatim/Imron Saputra

Lamongan, VIVA JatimUsaha konveksi dan sablon milik Nur Faizah warga Desa Tritunggal, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan sejak sebulan ini terus kebanjiran order pembuatan kaos.

Kaos itu dipesan oleh sejumlah relawan dan tim sukses salah satu calon bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024. Selama masa Pilkada serentak ini pesanan terus meningkat hingga 80 persen.

Faizah mengaku, pesanan kaos sudah terasa meningkat sejak H- 90 sebelum masa kampanye dimulai. Oleh sebab itu dalam sebulan ia dan timnya berhasil memproduksi hingga 50 ribu potong kaos dengan omzet mencapai Rp 200 juta.

Faizah mengatakan, meski saat ini sistem kampanye banyak yang sudah beralih ke media sosial, namun permintaan kaos tetap tinggi. Pesanan itu tidak hanya berasal dari Lamongan, tetapi juga dari Ponorogo, Sulawesi, dan sejumlah kota lain di Jawa Timur.

"Kalau peningkatannya itu sudah terjadi sekitar H-90 sudah masuk. Jadi sebelum masa kampanye, sudah ada order yang masuk," kata Nur Faizah, Kamis 17 Oktober 2024.

Nur Faizah menjelaskan, untuk harga kaos bervariasi. Ada yang belasan hingga puluhan ribu rupiah tergantung bahan yang digunakan pada kaos tersebut.

Sementara untuk proses produksi melibatkan sejumlah pegawai ada yang menjahit, melipat, membungkus, dan menyablon kaos itu sendiri dan pekerjaannya dimulai pukul 8 pagi hingga 4 sore.