Capai Peningkatan Kinerja di Berbagai Bidang, Imigrasi Malang Raih Predikat WBBM

Jumpa pers kinerja Imigrasi Kela I TPI Malang
Sumber :
  • Kemenkumham Jatim

Malang, VIVA Jatim-Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang mencatatkan peningkatan kinerja positif selama 2024. Maka dari itu instansi ini mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, Anggoro Widjanarko mengatakan tahun 2024 menjadi tonggak penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Anggoro berkomitmen menghadirkan layanan cepat, transparan, dan inovatif, serta memperkuat penegakan hukum.

"Semua ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah kerja kami yang mencakup 4 kota dan 3 kabupaten dengan total penduduk sekitar 6,9 juta jiwa,” ujar Anggoro dalam jumpa pers penyampaian kinerja tahun 2024, Jumat, 20 Desember 2024.

Ia mengungkapkan sepanjang tahun 2024, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang telah mencatat berbagai pencapaian signifikan, di antaranya pelayanan penerbitan paspor mencapai 73.338 dokumen, termasuk 18.402 paspor elektronik. Kemudian penolakan permohonan paspor karena terindikasi Pekerja Migran Indonesia (PMI) nonprosedural sebanyak 527 permohonan.

Selain itu, total layanan izin tinggal sebanyak 1.999 dokumen, meliputi perpanjangan izin tinggal kunjungan, penerbitan izin tinggal terbatas, dan izin tinggal tetap.

Kemudian di bidang pengawasan dan penindakan keimigrasian. Anggoro mengatakan penanganan 53 tindak administratif keimigrasian, termasuk 15 kasus deportasi.

Lalu melakukan operasi gabungan dengan instansi terkait sebanyak 8 kegiatan. Realisasi penerimaan negara yakni pendapatan dari pelayanan paspor mencapai Rp 33,81 miliar (333,68% dari target). Dan total realisasi anggaran mencapai 97,49 persen dari target.

Tidak hanya itu, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang juga mendapatkan berbagai penghargaan yaitu penghargaan dari KPPN Malang sebagai satuan kerja terbaik atas Kinerja Pelaksana Anggaran untuk periode Triwulan I tahun 2024. Penghargaan dari KPPN Malang sebagai satuan kerja berkinerja terbaik periode triwulan III.

Peringkat I kategori digitalisasi pembayaran atas komitmen dan inovasi dalam meningkatkan efisiensi dan transparansi layanan pembayaran melalui platform digital. Kemudian penghargaan dari Direktorat Jenderal Imigrasi dalam ajang anugerah Humas Imigrasi Indonesia Di mana Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang berhasil mempertahankan gelar terbaik pertama kategori pengelola layanan informasi dan pengaduan Masyarakat yang juga didapat pada tahun 2023.

Penghargaan Unit Kerja Pelayanan Publik Berbasis HAM dan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

“Prestasi ini adalah hasil kerja keras dan dedikasi seluruh jajaran kami serta dukungan penuh dari masyarakat. Kami sangat bersyukur atas kepercayaan yang diberikan,” lanjut Anggoro.

Sementara itu, Kepala Divisi Keimigrasian, Herdaus, menekankan pentingnya sinergi antara Kantor Imigrasi dan masyarakat.

“Kami akan terus memperkuat kolaborasi dengan pemangku kepentingan dan meningkatkan pelayanan melalui inovasi digital. Harapan kami, di tahun 2025, Kantor Imigrasi Malang mampu mempertahankan dan bahkan melampaui capaian yang telah diraih tahun ini,” kata Herdaus.

Dalam hal pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Kantor Imigrasi Malang telah membentuk Desa Binaan Imigrasi dan kelompok PIMPASA (Petugas Imigrasi Pembina Desa) untuk aktif memberikan edukasi kepada masyarakat. Upaya ini merupakan wujud nyata kehadiran imigrasi dalam melindungi masyarakat dari ancaman perdagangan manusia.

Anggoro juga mengucapkan terimakasih kepada media atas kolaborasi dan sinerginya. Sehingga bisa meningkatkan citra positif imigrasi dan memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

Dengan berbagai capaian tersebut, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang optimis menyongsong tahun 2025 dengan semangat baru untuk memberikan pelayanan yang semakin baik, inovatif, dan profesional.