Dekatkan Dewan ke Masyarakat, DPRD Gresik Wacanakan Buka Layanan Pengaduan dan Aspirasi
- VIVA Jatim/Tofan Bram Kumara
Gresik, VIVA Jatim – Layanan pengaduan dan aspirasi masyarakat rencananya akan dibuka Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gresik seminggu sekali setiap hari kerja.
Rencana buka aduan dan aspirasi itu disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Gresik, M. Syahrul Munir bersama wakil ketua DPRD Gresik, Jumat, 27 Desember 2024.
Syahrul menjelaskan bahwa wacana ini telah dibahas di tingkat pimpinan DPRD dan akan segera dilaksanakan. Waktu khusus untuk pengaduan dan penyampaian aspirasi masyarakat ini bertujuan untuk lebih mendekatkan anggota dewan dengan masyarakat dalam menjalankan peran sebagai wakil rakyat.
“Akan ada waktu tertentu satu hari dalam satu atau dua minggu yang dikhususkan untuk mendengarkan aduan dan aspirasi masyarakat, baik individu maupun kelompok,” katanya.
Langkah ini lanjut Syahrul, diharapkan dapat mempermudah kerja DPRD Gresik dalam menjalankan fungsi legislatif, penganggaran, dan pengawasan.
“Sejak kami dilantik, kami sudah menerima banyak masukan dan aduan dari masyarakat. Dengan adanya waktu khusus untuk pengaduan dan penyampaian aspirasi ini, kami berharap kerja-kerja kami dapat lebih optimal,” ujarnya.
Politikus Partai PKB ini juga menceritakan bahwa beberapa waktu lalu pihaknya mengadakan hearing besar dengan pihak-pihak terkait untuk mengurai keluhan seputar ketenagakerjaan dan CSR.