Antisipasi Libur Panjang, PT KAI Daop 8 Surabaya Operasikan 5 KA Tambahan
- Nur Faishal/Viva Jatim
Surabaya, VIVA Jatim –PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mengoperasikan lima kereta api (KA) tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama libur panjang yang berlangsung pada 24–30 Januari 2025.
Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menyampaikan bahwa pengoperasian kereta tambahan ini bertujuan memberikan alternatif perjalanan bagi pelanggan yang telah kehabisan tiket KA reguler sekaligus menawarkan pilihan jadwal yang lebih fleksibel.
“Langkah ini merupakan bentuk antisipasi kami untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggan yang ingin menikmati libur panjang. Dengan adanya KA tambahan, kami harap perjalanan penumpang menjadi lebih nyaman dan terjangkau,” ujar Luqman dilansir dari ANTARA, Senin 20 Januari 2025.
Daftar Kereta Api Tambahan
Luqman menambahkan, kelima KA tambahan tersebut melayani rute dari tiga stasiun utama di wilayah Daop 8, yaitu Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, dan Stasiun Malang.
Berikut detail kereta tambahan yang dioperasikan:
1. Stasiun Surabaya Pasarturi
- KA Sembrani Tambahan tujuan Gambir
2. Stasiun Surabaya Gubeng
- KA Sancaka tujuan Yogyakarta
- KA Mutiara Timur tujuan Ketapang
- KA Arjuno Ekspres tujuan Malang
3. Stasiun Malang
- KA Arjuno Ekspres tujuan Surabaya Gubeng
Selain menambah jumlah kereta, KAI Daop 8 juga mempercantik tampilan stasiun dengan hiasan tematik sesuai dengan momen libur nasional. Misalnya, pada perayaan Imlek, stasiun akan didekorasi dengan ornamen khas Tahun Baru Imlek.
“Kami menghadirkan nuansa yang sesuai dengan hari besar, seperti hiasan bertema Imlek untuk menambah kenyamanan penumpang selama berada di stasiun,” jelas Luqman.
Peningkatan pelayanan juga dilakukan dengan menambah personel untuk membantu penumpang, terutama menjelang penerapan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025.
“Selain melayani kebutuhan penumpang saat libur, petugas juga siap memberikan informasi mengenai penerapan Gapeka 2025,” tambahnya.
Luqman mengimbau masyarakat untuk segera memanfaatkan layanan KA tambahan dengan melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI atau mitra penjualan tiket resmi.
“Pemesanan tiket melalui aplikasi tidak hanya lebih praktis, tetapi juga mendukung upaya digitalisasi layanan KAI,” pungkasnya.