Terombang-ambing di Laut karena Mesin Mati, Kapal Finlandia Berhasil Dievakuasi

Karena Mesin Mati, Kapal Finlandia Berhasil Dievakuasi
Sumber :
  • Humas Basarnas Sumenep

Jatim –Sebuah kapal yacht berbendera Finlandia terombang-ambing di tengah laut Perairan Bawean, Kabupaten Gresik, setelah mesin kapal tersebut mati. Beruntung, kapal yang diawaki dua WNA itu berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Minggu, 29 Januari 2023.

Kepala Kantor Basarnas Jatim Hari Adi Purnomo menjelaskan, kapal yacht Canace itu diawaki WNA bernama Hanna Maria Niemi dan Veikko Hautanen. Kapal itu diketahui mengalami musibah di tengah laut setelah Hanna melapor melalui telepon pusat ke Kantor Basarnas pusat pada Jumat, 27 Januari 2023.

Setelah menerima laporan, tim Basarnas di Jatim pun melakukan pencarian. Kapal yacht nahas tersebut akhirnya berhasil ditemukan tim KN SAR 249 Permadi di perairan utara Kabupaten Sumenep pada Minggu siang.

"Kapal yacht Canace ditemukan tim sekitar pukul 14.12 WIB. Mereka kemudian ditarik menggunakan KN SAR 249 Permadi dengan kecepatan 6 konts," kata Hari Adi dalam keterangan tertulisnya.

Hari mengatakan, kecepatan saat menarik kapal yatch tersebut sangat rendah agar tali yang digunakan tidak putus. Sebab, proses penarikan sempat gagal di hari kedua pencarian karena kondisi hujan deras dan angin kencang. "Dua awak kapal yatch yang dievakuasi semuanya selamat," ujarnya.

Hingga Minggu petang sekira pukul 18.30 WIB, proses penarikan kapal yatch asing tersebut baru sampai di perairan timur Kabupaten Sumenep. Penarikan dikawal oleh KRI 367 Sultan Iskandar Muda milik TNI AL.

Diperkirakan, papar Hari, kapal yatch yang dievakuasi dan tim sampai di Pelabuhan Kalianget pada Senin, 30 Januari 2023, sekira pukul 00.30 WIB.