Ijen Bondowoso Diterjang Dua Kali Banjir Bandang dalam Sepekan

Suasana banjir bandang di Kecamatan Ijen Bondowoso
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur kembali diterjang banjir bandang susulan pada Jumat, 17 Februari 2023. Hal ini merupakan kali kedua dalam sepekan setelah sebelumnya juga terjadi pada Minggu, 12 Februari 2023 lalu. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun Viva Jatim, banjir bandang terjadi dua kali dalam sepekan itu lantaran intensitas curah hujan yang cukup tinggi terjadi sekira pukul 12.00 WIB. Sehingga mengakibatkan luapan air sungai. Sementara drainase tak mampu menampung air dan mengalami penyumbantan. Air pun meluap ke jalan. 

Penanggulangan banjir yang terjadi pada Minggu lalu belum sepenuhnya selesai, kini ditambang lahi banjir bandang susulan yang membawa material berupa pasir dan batang kayu besar bekas tebangan. Kendati demikian, banjir bandang tersebut terjadi dalam skala kecil. 

Camat Ijen Ferry Hadi mengatakan, banjir bandang susulan terjadi sekitar pukul 12.00, pascahujan deras. Banjir itu disebabkan oleh luapan sungai yang tersumbat selama proses penanggulangan empat hari terakhir. 

“Iya, tadi banjir lagi. Karena saluran air tersumbat. Kan selama ini masih proses pemindahan lumpur dari banjir yang pertama, jadi air datang langsung meluap,” katanya.

Dia juga menyebut, penanganan banjir bandang susulan itu telah rampung. Masyarakat bersama TNI dan Polri yang berada di lokasi sejak peristiwa pertama, sigap menangani luapan air. 

“Sekarang sudah selesai ditangani, kok. Pakai alat berat,” imbuhnya.