Alhamdulillah, Siswa Jatim Borong Gold Medal di AISEEF IYSA 

Siswa Jawa Timur di ajang AISEEF IYS
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

JatimSiswa SMAN 10 Surabaya, Jawa Timur, berhasil menorehkan prestasi pada ajang ASEAN Innovative Science Enviromental and Entrepeneur Fair (AISEEF) yang digelar oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) pada 10-14 Februari 2023  di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

AISEEF sendiri merupakan ajang kompetisi bergengsi tingkat Internasional dibidang inovasi, lingkungan dan wirausaha yang diiikuti 15 negara dengan ribuan peserta. Diantaranya, Amerika Serikat, Korea Selatan, Thailand, Indonesia dan Vietnam.

Siswa ini sukses meraih tiga Gold Medal di dua bidang lomba yakni kategori Innovative Science and Environmental Science.

Adapaun di antara Inovasi mereka yaitu, Spray Anti Nyamuk dari Biji Alpukat untuk Gold Medal kategori Life Science yang dibuat oleh Ellianne Danette,Rafi Syahputra, Nadia Herlina, Zaftio Apreda, Salsabila Nauraswari dan Khairunnisa Keisha. 

Kemudian inovasi yang memperoleh Gold Medal kategori Innovative yakni Helm Multifungsi Anti Gegar Otak. Karya inovasi ini digagas Dompak Nahason, Belize Salsabila, Chintamy Pamela, Nastiti Hayuning dan Devantyo Yusuf. 

Selain inovasi, Gold Medal kategori Environmental Science melalui penelitian tiga jenis tanaman untuk pengikat karbon monoksida yang dihasilkan polutan, asap rokok dan vapor. Uji efektifitas ini dilakukan oleh Kanafira Vanesha Putri, Nadine Zheekin, Alifia Hamida,  Nasywah Mardhiyah, Gandhes Irsyadyah dan Ivan Cahya. 

Plt Kepala Dinas Pendidikan Jatim Wahid Wahyudi mengungkapkan akan terus mendukung siswa dan sekolah dalam melakukan berbagai terobosan inovasi.