Luhut Bantah Kritikan Anies Baswedan Soal Subsidi Mobil Listrik Kurang Tepat Sasaran

Luhut Binsar Pandjaitan
Sumber :
  • Viva.co.id

JatimMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan merespons kritikan tentang subsidi kendaraan listrik (electric vehicle/EV) yang dinilai kurang tepat sasaran. 

Diketahui, kritikan tentang subsidi kendaraan listrik ini datang dari mantan Gubernur DKI Jakarta yang juga bakal Calon Presiden, Anies Baswedan.

Luhut mengatakan bersedia menjelaskan manfaat kebijakan terkait pengembangan kendaraan listrik yang tengah dilakukan pemerintah Indonesia. Meskipun, dia mengaku belum tahu siapa yang mengkritik kebijakan tersebut. 

“Siapa yang berkomentar saya tidak tahu mengenai itu. Siapa yang berkomentar? suruh dia datangi saya langsung, biar saya jelasin bahwa tidak benar omongannya,” katanya di Jakarta, Selasa, 9 Mei 2023, dikutip dari VIVA.

Menurut Luhut, kebijakan untuk mendukung adopsi kendaraan listrik itu juga dilakukan banyak negara di dunia, bukan hanya di Indonesia.

“Sebenarnya gini ya, mengenai mobil listrik ini, sudah ada studi yang komprehensif. Jadi saya kira seluruh dunia bukan hanya kita, jadi jangan kita melawan arus dunia juga,” katanya. 

Sebelumnya, Bakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengkritik kebijakan pemerintah terkait pemberian subsidi kendaraan listrik. Ia menilai pemberian subsidi bukan solusi masalah lingkungan hidup seperti polusi udara, terlebih ketika pemilik kendaraan listrik adalah kalangan yang tidak memerlukan subsidi.