Ramai Polemik antara Pemain Naturalisasi dengan Lokal, PSSI Tegaskan Hal Ini

Timnas Indonesia saat melawan Vietnam
Sumber :
  • Dokumen PSSI

Surabaya, VIVA Jatim – Dunia sepak bola tanah air masih dibuat ramai dengan polemik antara pemain naturalisasi dengan lokal. Polemik tersebut dimulai dari pernyataan gelandang PSBS Biak, M Tahir beberapa waktu lalu yang mempertanyakan kualitas pemain naturalisasi.

MNC Larang Nobar Piala Asia U-23, Wali Kota Surabaya: Kita Bekerjasama

Ia menyebut bahwa kualitas pemain lokal tidak kalah dengan pemain naturalisasi yang saat ini menghuni Timnas Indonesia. Dalam pernyataannya, bahkan ia sempat meminta untuk diadu dan yakin bisa mengalahkan pemain naturalisasi. 

Namun demikian, suporter sepakbola Tanah Air kemudian banyak yang mengkritik Tahir. Pernyataannya dianggap berlebihan, tapi kemudian rekam jejaknya sebagai pemain turut diseret dalam perdebatan ini.

STY Terusik dengan Hal Ini saat Indonesia Menang atas Korea Selatan

Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga berharap polemik ini tak perlu diperpanjang. Karena menurut dia, pemain Liga 1 jika memang bagus pasti akan masuk ke Timnas Indonesia.

Arya Sinulingga memberi contoh Ramadhan Sananta yang ada di skuad asuhan Shin Tae-yong saat ini. Lalu dia membela juga posisi pemain naturalisasi yang masih memiliki garis keturunan Indonesia.

Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23, Begini Komentar Erick Thohir

"Yang pasti kalau pemain lokal dari Liga 1 bagus pasti muncul. Sekarang siapa coba top skor? Sananta bro, ngalahin Messi. Itu artinya kalau dia berkualitas, dia bisa masuk ke Timnas. Jadi jangan di polemik," kata Arya dikutip dari VIVA, Kamis, 4 April 2024.

"Mengenai pemain naturalisasi, sepanjang punya darah Indonesia baik dari nenek atau kakeknya, dari pihak ibu dan bapaknya maka dia punya hak. Diaspora juga punya hak," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title