Ini Kesalahan Shin Tae-Yong yang Jadi Penyebab Skuad Timnas Kalah Lawan China

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong.
Sumber :
  • PSSI/Viva.co.id

Jakarta, VIVA JatimPelatih Shin Tae-yong melakukan perubahan total dalam skuad Timnas saat melawan China. Koordinator SOS, Akmal Marhali mengatakan perubahan total inilah menjadi salah satu penyebab kekalahan pertama Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup C.

Nasib Sial, Timnas Indonesia Harus Terima Kekalahan 1-2 Melawan China

Indonesia dikalahkan China 1-2 dalam pertandingan yang berlangsung di Qingdao Youth Stadion, Qingdao, Selasa 15 Oktober 2024.

"Cukup blunder rotasi empat pemain yang dilakukan pelatih STY dilaga melawan Cina ini ketimbang saat melawan Bahrain lalu," kata Akmal.

6 Timnas tak Terkalahkan di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ada Indonesia

"Yang cukup fatal dan mengejutkan adalah dicadangkannya Thom Haye. Posisi Haye digantikan Nathan Tjoe-A-On. Ini mengurangi daya dobrak timnas, padahal di Cina bermain biasa saja," ujarnya. 

Indonesia tertinggal di babak pertama dengan skor 0-2. China mencetak gol via Behram Abduwelli (menit ke-23) dan Yuning Zhang (menit ke-44).

Maarten Paes: Seluruh Pemain Indonesia Sudah Siap Berduel dengan Timnas China

Pada babak kedua, Indonesia bisa mencetak gol balasan. Thom Haye mencetak gol pada menit ke-86. 

"Dalam pandangan saya, setelah tiga laga, STY seharusnya sudah punya inti starting eleven yang menjadi andalan di laga-laga penting seperti ini. Jika ada perubahan, maksimal satu atau dua pemain, bukan empat pemain di rotasi dan hal itu sangat riskan," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title