STY Keluhkan Kualitias Pemain Indonesia, Naturalisasi pun Digalakkan

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong.
Sumber :
  • PSSI/Viva.co.id

Jatim – Pelatih Tiimnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) mengeluh dengan kualitas pemain Indonesia yang masih tidak sesuai dengan harapannya. Untuk itu ia ngotot melakukan naturalisasi karena tugasnya di tahun 2023 cukup berat. Yakni menghadapi Piala Dunia U20 untuk timnas junior dan Piala Asia untuk timnas senior. 

Sah, Kontrak Shin Tae-yong Resmi Diperpanjang PSSI sampai 2027

Menghadapi dua agenda besar itu, STY rupanya tidak ingin ambil risiko. Ia mengajukan beberapa nama guna menggalakkan proses natulasisasi. Beberapa nama yang diajukan STY di antaranya sudah menjalani proses bahkan ada yang sudah resmi jadi WNI. Hal itu diupayakan STY dalam rangka memperkuat Skuad Garuda

Adapun nama yang diajukan STY adalah Justin Hubner, Ivar Jenner, Rafael Struick dan Zico Soree untuk Timnas U20. Namun beredar kabar belakangan bahwa Zico Soreee dicoret karena alasan yang belum dijelaskan. 

Bukan Korea Selatan, Sebenarnya Shin Tae Yong Ingin Timnas Indonesia Melawan Negara Ini!

Sedangkan di Timnas senior, ada Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama. Sandy dan Jordi sudah resmi menjadi warga Negara Indonesia. Sementara Shayne masih dalam proses. 

Keenam pemain baru itu tengah menjalani program naturalisasi dan sudah melewati rekomendasi STY. Tentu program naturalisasi itu dilakukan karena belum percaya dengan kualitas pemain Indonesia. 

AFC Terkesima Gol Indah Witan Sulaeman ke Gawang Yordania: Masterclass!

Hal demikian ditegaskan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri usai evaluasi kegagalan di Piala AFF 2022 lalu. 

“Baik secara teknis karena memang tidak gampang membangun tim yang kuat. Coach STY mengeluhkan kualitas pemain yang kurang bagus,” katanya di GBK Arena, dikutip dari Viva Bola, Selasa, 17 Januari 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title