Kilas Balik Sejarah Manis Timnas Indonesia U20 Juara Piala Asia 1961

Pemain Timnas Indonesia U-20, Marselino Ferdinan
Sumber :
  • Viva.com

Jatim – Timnas Indonesia U-20 pernah mencatatkan sejarah manis dalam sepakbola asia sebagai juara pada 1961 silam. Kala itu, laga berlangsung di Thailand. Timnas Garuda mampu menaklukkan dua raksasa Asia, yakni Timnas Korea Selatan dan Jepang.

Doa Witan Sulaeman Saat Berhaji di Tanah Suci, Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia

Indonesia mengerahkan 18 pemain terbaiknya yitu Hardi Purnomo, Faisal Jusuf, Sonny Sandra, Idris Mappakaja, Rasjid Dahlan, Ipong Silalahi, Willem Souw, Djumadio, Andjiek Alinurdin, Bob Hippy, Kuswanadji, Pirngadi, Suwardjo, M Bogor, Saptono, Hussein, Suparno, dan Agam. P.

Pada kompetisi bergengsi di Asia itu, dilansir dari VIVA, Timnas Garuda mampu menaklukkan Jepang dan menahan skor imbang dengan Korea Selatan. Di laga perdana penyisihan Grup A, Indonesia bertemu Vietnam Selatan. Garuda Muda menang 2-0.

Bela Timnas Indonesia, Rizky Ridho Bisa Lulus tanpa Skripsi di UM Surabaya

Selanjutnya, Indonesia bertemu Korea Selatan yang berstatus juara bertahan. Duel berakhir imbang 2-2. Lalu, Indonesia menekuk Jepang 2-1.

Di laga terakhir penyisihan grup, Indonesia bermain imbang 1-1 melawan Singapura. Indonesia pun menjadi juara Grup A dengan 6 poin dari 4 laga sekaligus merebut tiket ke final.

Strategi Jitu, Lavani Bungkam Badak Sukun 3-1 di Proliga 2024 Gresik

Di final, Indonesia bertemu Burma (Timnas Myanmar) yang menjuarai Grup B. Skor imbang 0-0 selama 2x45 menit.

Saat itu, sepakbola belum mengenal babak tambahan dan adu penalti. Indonesia dan Burma pun dinobatkan sebagai juara bersama.

Halaman Selanjutnya
img_title