Indonesia Dirugikan Meski Juara Umum Pencak Silat SEA Games 2023

Timnas Pencak Silat Indonesia Raih Juara Umum SEA Games 2023
Sumber :
  • viva.co.id

Jatim – Meski Juara Umum Pencak Silat SEA Games 2023 di Kamboja, namun Indonesia menyayangkan keputusan juri saat babak final cabang pencak silat nomor tanding putri kelas B. Pertandingan antara Indonesia melawan Vietnam itu berlangsung penuh protes dari kedua kubu.

Shin Tae Yong Beberkan Kunci Sukses Timnas Indonesia Bekuk Vietnam 3-0 di Hanoi

Indonesia yang diwakili oleh Safira Dwi Meilani melawan Chroy Changvar wakil Vietnam itu bertanding di Convention Center Phnom Penh pada Rabu, 10 Mei 2023.

Indonesia unggul jauh dari lawan dengan skor 43-61. Namun, dengan 18 detik tersisa, pertandingan tiba-tiba diberhentikan dan kemenangan jatuh kepada pesilat Vietnam.

Fakta-fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam 3-0

“Safira secara poin unggul jauh dan masih ada sisa waktu 18 detik, dan dia belum ada melakukan pelanggaran apapun. Wasit melihat Safira terkena kuncian. Tapi (ekspresi sakit Safira) sebenarnya sudah (ada) dalam pertandingan. Safira dari babak pertama, lengannya sudah dislock. Tapi dia masih berjuang dan bertahan hingga poinnya unggul,” jelas Indro, dikutip dari VIVA, Kamis, 11 Mei 2023.

“Kalau itu dianggap kuncian, itu tidak benar sama sekali karena harus ada prosesnya, hitungannya, dan (pesilat) terlihat tidak bisa bergerak secara pasti. Tapi Safira tendangannya masih kuat, pukulan masih bagus, kalau kesakitan iya, tapi dia belum menyerah,” ujarnya menambahkan.

Gairah Sepak Bola Indonesia Bangkit, Saatnya Lakukan Pembinaan Lebih Masif

Lebih lanjut, Indro mengatakan Safira memang memiliki riwayat cedera sebelum bertanding di babak final. Selain itu, pihaknya telah melayangkan protes dan hal itu tengah diproses lebih dalam oleh pihak-pihak terkait. “Ini lagi diproses, semoga diterima dan pertandingan akan berlanjut di 18 detik tersisa, dengan poin terakhir,” kata Indro.

Indonesia Dirugikan

Halaman Selanjutnya
img_title