Menuju Liga 1, Ketum PSSI Pastikan Penerapan VAR dan Wasit Lebih Baik

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jakarta, VIVA Jatim – Putaran kedua Liga 1 pada 2024 dipastikan akan menerapkan Video Assistant Referee (VAR). Karena itu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir berharap wasit sepakbola tanah air bisa berperan lebih baik lagi.

Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23, Begini Komentar Erick Thohir

"Kita ingin pastikan para wasit siap, punya kemampuan, dan juga confidence. Karena itu, selain tadi ada training, saya juga memberikan pandangan ke depan mengenai perwasitan kita harus lebih baik," katanya saat hadir dalam pelatihan penerapan VAR di Shalva Hotel, Jakarta, Jumat 7 Juli 2023.

Erick yang baru-baru ini menjadi Ketua Komite Wasit PSSI juga menjelaskan bahwa dia ingin mengubah persepsi masyarakat yang menganggap semua wasit berbuat curang.

Layangkan Protes ke AFC, Hasil Duel Timnas Indonesia Vs Qatar Dibatalkan?

"Jangan terjebak persepsi seakan-akan semua wasit kita curang, saya tidak setuju. Karena itu saat expo, saya sendiri menawarkan menjadi pimpinan komite wasit tidak lain untuk menyemangati bahwa kita peduli dengan mereka (wasit), sehingga Ketua PSSI saja mau turun," ujarnya. 

Erick menjelaskan bahwa PSSI sudah melakukan kerja sama dengan Jepang demi memperbaiki dan meningkatkan kualitas wasit di Indonesia.

5 Fakta Pilu Duel Timnas Indonesia Vs Qatar yang Dirugikan Wasit

"Kita nanti studi banding sama Jepang, ada struktur perwasitan yang harus kita perbaiki secara menyeluruh dan biayanya tidak murah. Tidak pernah di PSSI punya anggaran segini besar untuk perwasitan," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga mengucapkan terima kasih kepada pihak liga (Indonesia) yang mendorong adanya percepatan penerapan VAR sehingga menjadi sebuah terobosan luar biasa.

Halaman Selanjutnya
img_title