Sosok Arkhan Kaka Pemain Timnas Asal Blitar yang Cetak Gol Perdana di Piala Dunia

Pemain Timnas Indonesia U-17 Arkhan Kaka rayakan gol
Sumber :
  • Viva.co.id

Blitar, VIVA Jatim – Timnas Indonesia yang bermain di Piala Dunia U-17 beberapa waktu lalu berhasil menahan imbang Timnas Ekuador. Pencetak gol perdana adalah Arkhan Kaka Putra Purwanto. Remaja yang sejak kecil menyukai sepak bola ini adalah asli ari Kabupaten Blitar.

Mas Dhito Yakin Peluang Timnas ke Olimpiade Paris Bukan Hal Mustahil

Tepatnya di Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar  lahir pada 2 September 2007 adalah pemain sepak bola berbakat. Kaka merupakan pemain Indonesia pertama yang berhasil mencetak Gol di Piala Dunia di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. 

Saat ini Arkhan tercatat dalam Tranfermark sebagai pemain Persis Solo mulai 1 Januari 2023 hingga 30 Juni 2026, yang sebelumnya diperpanjang pada 26 Juli 2023. Remaja sebagai penyerang tengah ini masih berusia 16 tahun ini memiliki tinggi 1,88 meter.

Momen Gayeng Nobar Piala Asia di Grahadi, Pj Gubernur Jatim Apresiasi Garuda Muda

Sepak terjang Arkhan Kaka dimulai bergabung dengan Sekolah Sepak Bola (SSB) Mitra Tunas Muda Blitar pada 2019. Lalu, tak berselang lama ikut bergabung dengan PSBK Blitar U-13 pada 2019. Hingga pengembaraannya berlabuh ke Bhayangkara FC U-16 pada 2021, serta Persis Solo U-20 pada 2021- sampai 2022.

Tak hanya itu, merupakan pemain termuda dalam sejarah Liga 1 yang pernah bermain dalam satu pertandingan yaitu 15 tahun 7 bulan 2 hari Arkhan Kaka adalah putra dari Purwanto Suwondo  yang saat ini menjadi Direktur Departemen Pemuda Borneo FC Samarinda).

Begini Pengakuan Shin Tae-yong Selepas Timnas Indonesia U-23 Kalah Lawan Uzbekistan

Ayahnya, Purwanto Suwondo dulu merupakan Pemain Persija Jakarta, PSIS Semarang,Persebaya Surabaya. Pernah juga membela Timnas Indonesia di ajang SEA Games edisi 2001 di Malaysia serta edisi 2003 di Vietnam.

Melalui Gol apiknya babak pertama di menit 22 ajang Piala Dunia U-17 2023 melawan Ekuador, ia membawa nama baik Indonesia, termasuk Kabupaten Blitar. Dukunga keluarga Arkhan mengingatkan pentingnya memberikan kembali kepada masyarakat dan daerahnya yang turut berkontribusi dalam membantu perjalanan kesuksesan. 

Halaman Selanjutnya
img_title