Polemik usai Tragedi Kanjuruhan, PSSI Akhirnya akan Gelar KLB

Ketum PSSI Iwan Bule
Sumber :
  • Viva.co.id

Jatim – Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule dan jajarannya tak mampu membendung lagi desakan banyak pihak agar menggelar Kongres Luar Biasa (KLB), buntut dari Tragedi Kanjuruhan yang menelan korban jiwa sebanyak 135 orang. PSSI akhirnya memutuskan untuk secepatnya menggelar KLB.

Delapan Kamera Dipasang di Lapangan JSI, Uji Coba Penerapan VAR Tahap Ketiga

Keputusan itu diambil setelah jajaran PSSI menggelar rapat Exco di kantor PSSI GBK Arena, Jakarta Pusa, Jumat kemarin. Rapat itu dihadiri 12 anggota Exco, termasuk di dalamnya Ketum PSSI Iwan Bule. 

Hasil dari rapat tersebut adalah mempercepat adanya KLB. "Memutuskan untuk mempercepat kongres biasa pemilihan melalui mekanisme kongres luar biasa sesuai tahapan aturan organisasi," kata Iwan Bule dikutip dari VIVA, Sabtu, 29 Oktober 2022.

Kontrak Shin Tae Yong Bisa Jadi Diperpanjang hingga 2027, Syaratnya Ini!

Sesuai Pasal 34 Ayat (2) Statuta PSSI tentang Kongres Luar Biasa, KLB seharusnya dilaksanakan apabila sekurang-kurangnya /3 dari delegasi (voter) yang mewakili anggota PSSI mengajukan permintaan secara tertulis.

Setelah itu, Exco PSSI akan memulai tahapan verifikasi untuk kemudian melaksanakan Kongres Luar Biasa dalam jangka waktu selambatnya tiga bulan setelah proses verifikasi selesai.

Kata Shin Tae-yong tentang Kekuatan Timnas Irak Jelang Laga Perdana di Piala Asia

"Namun, Exco PSSI memutuskan mempercepat kongres luar biasa pemilihan dengan memperhatikan surat yang dikirim oleh dua anggotanya, dikarenakan Exco PSSI tidak ingin terjadi perpecahan di antara para anggotanya," ucap Iwan Bule. 

"Dan karena exco PSSI adalah mandataris yang dipilih oleh delegasi (voters) yang mewakili anggota PSSI. Tahapan kongres luar biasa akan kami mulai dari berkirim surat pemberitahuan kepada FIFA berisi usulan kongres,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title