Asal-usul Nama Nguyen, Nama yang Paling Banyak Dipakai Pemain Timnas Vietnam

Timnas Indonesia melawan Timnas Vietnam di Piala Asia 2023
Sumber :
  • Viva

Jatim – Timnas Indonesia mendapat kemenangan melawan Timnas Vietnam dengan skor 1-0 pada babak penyisihan Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jum’at, 19 Januari 2023.

STY Terusik dengan Hal Ini saat Indonesia Menang atas Korea Selatan

Ada fakta menarik dari Timnas Vietnam yang diturunkan oleh pelatih Philippe Troussier. Ia menurunkan delapan pemain dengan Nguyen. Enam pemain menjadi starter dan dua lainnya masuk dari bangku cadangan. 

Enam Nguyen yang menjadi starter adalah Filip Nguyen, Nguyen Thanh Binh, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Quang Hai, Nguyen Van Tung dan Nguyen Thai Song.

Tak hanya di Tribun, Sang Kapten Rizky Ridho Dapat Dukungan Teman Kampusnya di UM Surabaya

Dua Nguyen lagi turun sebagai pemain pengganti. Nguyen Van Toan menggantikan Nguyen Quang Hai di menit 72. Lalu, ada Nguyen Van Truong masuk menggantikan Nguyen Van Tung di menit 79.

Setelah melakukan penelusuran, Dikutip dari VIVA, ternyata nama Nguyen memang menjadi nama yang sangat familiar di Vietnam. Nama Nguyen pertama kali dipakai pada tahun 1802 saat Dinasti Nguyen berhasil merebut kekuasaan dari Dinasti Mac.

Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23, Begini Komentar Erick Thohir

Di bawah kekuasaan dinasti yang baru, masyarakat kemudian memilih mengganti nama mereka menjadi Nguyen demi bisa terhindar dari kewajiban membayar pajak. 

Selain itu, nama Nguyen juga sengaja dipakai agar mereka bisa terhindar dari eksekusi akibat memiliki hubungan dengan pemerintahan sebelumnya, yakni Dinasti Mac. 

Halaman Selanjutnya
img_title