Mengenang Jasa Gus Dur pada Perayaan Imlek Indonesia

Gus Dur dan perayaan Imlek.
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimImlek atau Tahun Baru China adalah salah satu perayaan terbesar dalam budaya China. Perayaan Imlek dirayakan pada tanggal yang berbeda tiap tahunnya, tergantung pada kalender lunar. Tahun ini, Imlek jatuh pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Meriahnya Perayaan Cap Go Meh di Surabaya, 10 Ribu Makanan Ludes

Penghitungan Kalender lunar berbeda dengan kalender masehi. Kalender masehi dibuat berdasarkan pergerakan bumi terhadap matahari.

Sedangkan kalender lunar berdasarkan pergerakan bulan terhadap bumi. Dalam satu tahun kalender lunar biasanya terdiri atas 353–355 hari. Kalender masehi 365 hari.

Rayakan Imlek, Gubernur Khofifah: Jaga Persaudaraan dan Harmoni Dalam Keberagaman

Perayaan Imlek diperingati selama 15 hari. Pada hari pertama perayaan Imlek, orang China akan memberi persembahan kepada leluhur mereka dan dewa-dewa yang mereka sembah. Setelah itu mereka akan merayakan hari raya Yuan Xiao atau Cap Go Meh.

Masyarakat Tionghoa meyakini, perayaan Imlek tidak hanya sekadar merayakan pergantian tahun, tetapi juga sebagai momen untuk menghargai leluhur dan meningkatkan hubungan antar keluarga.

Peringatan Tahun Baru Imlek di Tulungagung Berlangsung Sederhana

Tradisi yang biasa dilakukan adalah memberikan angpau dan menyediakan hidangan khas Imlek, seperti lumpia hingga kue keranjang. Selain itu, mereka juga akan mendekorasi rumah dengan unsur-unsur merah dan emas yang melambangkan keberuntungan dan kemakmuran.

Sejarah Perayaan Imlek di Indonesia

Halaman Selanjutnya
img_title