Membanggakan, Siswa Berkebutuhan Khusus Jatim Juara Umum LKSN PDBK

Salah satu siswa Jatim peraih medali LKSN PDBK 2022.
Sumber :
  • Humas Pemprov Jatim

Jatim – Peserta didik Jawa Timur kembali menorehkan prestasi membanggakan. Kali ini, prestasi disumbangkan oleh siswa berkebutuhan khusus melalui Lomba Keterampilan Siswa Nasional bagi peserta didik berkebutuhan khusus (LKSN PDBK) 2022. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pun bangga atas prestasi tersebut.

Khofifah Tak Tertandingi di Pilgub Jatim Versi ARCI, Cak Imin Ungguli Risma

Prestasi tersebut diraih dalam ajang yang diselenggarakan oleh Puspresnas Kemdikbud Ristek pada 24-27 Oktober 2022. Para siswa membawa pulang tiga medali emas dan dua medali perak. Atas perolehan ini, Jawa Timur menjadi juara umum LKSN PDBK 2022 untuk pertama kalinya.

Siswa penyumbang media itu ialah Annisa Nur Kamila dari SLBN Gedangan Sidoarjo dengan bidang keterampilan Kecantikan, Akbar Setiawan SLBN Pandaan Kabupaten Pasuruan dengan bidang keterampilan Hantaran, dan Rosadatul Kibtiyah dari SMALBN Bondowoso dengan bidang keterampilan menjahit. 

Alasan Demokrat Jatim Yakin Khofifah-Emil Kembali Duet di Pilgub Jatim 2024

Selanjutnya medali perak diraih oleh Wahyu Wulandari dari SLBN Pembina Tingkat Nasional Bagian C Kabupaten Malang dengan bidang keterampilan membatik, dan Reza Abdul dari SLBN pandaan Kabupaten Pasuruan dengan bidang keterampilan merangkai bunga.

Khofifah menyampaikan rasa bangganya dan juga memuji semangat serta motivasi anak-anak istimewa dalam berkompetisi. Menurutnya, di tengah keterbatasan dan kekurangan secara fisik yang dimiliki, siswa berkebutuhan khusus mampu menunjukkan jiwa kompetitifnya. 

Dispendik Gresik Larang Siswa SD-SMP Gunakan Sepeda Listrik

Menurut Khofifah, ajang bergengsi tahunan ini menjadi wadah aktualisasi diri bagi siswa berkebutuhan khusus. "Anak-anak ini tak kenal lelah dalam mengembangkan minat,  bakat dan prestasi. Mereka terus belajar dan berani berkompetisi, ini yang harus kita tiru, mereka anak-anak Jawa Timur yang hebat," ujar Khofifah dalam keterangannya, Selasa, 15 November 2022.

Lebih lanjut, Khofifah menyebut jika prestasi ini buah dari kerja keras semua pihak, baik guru maupun kepala sekolah, yang memberikan pembinaan secara matang kepada siswa. Tentu para orang tua yang juga luar biasa. Bahkan, beberapa sekolah meminta pihak industri untuk mendampingi latihan siswa secara langsung. 

Halaman Selanjutnya
img_title