Daftar Warna Baju yang Disukai dan Diabaikan Nyamuk

Ilustrasi nyamuk.
Sumber :
  • Pixabai/Viva.co.id

Surabaya, VIVA JatimNyamuk ternyata memiliki ketertarikan pada warna-warna tertentu. Karena itu, alangkah baiknya Anda memilih baju dengan warna selain yang disenangi nyamuk, agar terhindar dari gangguan dan gigitan hewan pengisap darah tersebut.

Edarkan Ribuan Pil Koplo, Pemuda asal Kepatihan Menganti Ditangkap Polisi Gresik

Guru Besar Biologi di Universitas Washington, Jeffrey Riffell, menjelaskan, berdasarkan hasil penelitian terhadap prilaku nyamuk pada 2022, ditemukan kesimpulan bahwa nyamuk memiliki ketertarikan pada tiga hal, yaitu napas manusia, keringat, dan suhu kulit.

Namun, papar Riffell, belakangan diketahui ada faktor lain yang memantik perhatian nyamuk, yaitu warna. Dia menuturkan, nyamuk tertarik pada warna merah, oranye, hitam, dan sian (antara biru dan hijau). Sebaliknya, nyamuk cenderung mengabaikan warna hijau, ungu, biru, dan putih. 

Mas Dhito Resmikan RSKK Pare Kediri, Miliki 113 Bed

“Dalam studi ini, kami menemukan faktor keempat: warna merah, yang tidak hanya ditemukan pada pakaian tetapi juga pada kulit setiap orang. Warna kulit tidak penting, kita semua memancarkan sinyal merah yang kuat,” kata Riffel mengutip situs Wkfr yang ditulis VIVA pada Selasa, 28 Mei 2024.

Ia mengaku bersama para peneliti mengamati serangga di ruang uji mini yang diisi dengan bau dan pola visual berbeda, termasuk titik berwarna atau tangan manusia. Tanpa rangsangan bau, nyamuk sebagian besar mengabaikan titik di dasar ruang, terlepas dari warnanya. 

Bupati Dhito Sebut Program UHC Tak Bisa Langsung Ditingkatkan 100 Persen

Namun, ketika semprotan karbon dioksida ditambahkan, nyamuk terbang menuju titik yang berwarna merah, oranye, hitam, atau sian. Sebaliknya, nyamuk menghindari berwarna hijau, biru, dan ungu. 

Manusia menghembuskan karbondioksida (CO2) yang bisa dicium oleh serangga dan percobaan menunjukkan bahwa gas tersebut membuat mata nyamuk lebih menyukai panjang gelombang tertentu dalam spektrum visual. 

Halaman Selanjutnya
img_title