Menu Khas Takjil Buka Puasa Ramadan Di Indonesia dan Malaysia

Ilustrasi Takjil
Sumber :
  • Sahijab.com

JatimTakjil menjadi menu makanan yang identik saat bulan Ramadhan dan biasanya menjadi pembuka untuk buka puasa. Ada banyak macam takjil dari berbagai belahan dunia bagi negara-negara yang memiliki umat Muslim. Salah satunya di negara Indonesia dan Malaysia.  

Curi Ikan di Laut Indonesia, KKP Tangkap Kapal Ikan Berbendera Malaysia

Takjil menjadi menu yang tidak pernah dilewatkan oleh masyarakat yang melaksanakan ibadah. Tidak hanya kurma, takjil juga menjadi salah satu makanan yang wajib disantap saat menjelang buka puasa di Bulan Ramadhan. Terkadang takjil diolah dari berbagai macam menu khas tradisional di masing masing daerah sehingga sangat khas rasanya ketika disuguhkan. 

Lantas, apa saja menu takjil dari berbagai negara? Berikut macam-macam takjil dari berbagai negara beserta penjelasannya yang dihimpun dari berbagai sumber:

Tips Bikin Rendang Daging Khas Lebaran, Cocok Disantap Bersama Keluarga Besar

1. Indonesia 

Tentu sudah banyak yang tahu apa saja menu takjil yang ada di Indonesia, antara lain kolak yang terdiri dari pisang, ubi jalar, kolang-kaling yang direbus dengan gula merah dan air santan. Lalu, ada bubur sumsum dari beras ketan yang disajikan dengan santan dan gula merah cair.

Lewat Buka Puasa Bersama, MKI Bangun Konsolidasi antar Sektor Ketenagalistrikan

Ada juga es campur, terdiri dari campuran berbagai macam buah, jeli yang disajikan dengan es batu dan sirup serta bubur kacang hijau, kacang hijau yang disajikan dengan santan dan gula merah dan masih banyak lagi takjil-takjil yang lainnya.

2. Malaysia 

Halaman Selanjutnya
img_title