Kekuatan Tari yang Melebihi Kata-kata

Penari saat tampil di sebuah acara Gerindra di Jatim.
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – “Dance speaks louder than words,” kata Ketua DPD Gerindra Jawa Timur, Anwar Sadad, kepada Viva Jatim pada Sabtu, 29 April 2023, memberikan pendapat tentang Hari Tari Sedunia yang diperingati setiap tanggal 29 April.

Elektabilitas Anwar Sadad di Pilgub Jatim Capai 9 Persen Menurut Survei ARCI

Merujuk pada itu, Wakil Ketua DPRD Jatim itu mengatakan bahwa tarian lebih dari sekadar gerakan tubuh yang asyik ditonton. Bagi Sadad, tari memiliki kekuatan ajaib yang mampu menghubungkan hati manusia melampaui batasan bahasa, warna kulit, dan kebangsaan.    

“Tari berfungsi sebagai jembatan antara masa lalu dan masa kini,” katanya.

Khofifah Tak Tertandingi di Pilgub Jatim Versi ARCI, Cak Imin Ungguli Risma

Setiap tarian tradisional menurut Sadad membawa pesan dan nilai-nilai budaya yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. 

“Tari tidak hanya mengajarkan kita untuk menghargai kekayaan budaya yang dimiliki suatu bangsa, tetapi juga mengingatkan kita untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan budaya yang ada di dunia ini,” ujarnya.

Gelar Tadarus Politik Milenial, Begini Jawaban Gus Sadad saat Ditanya Politik Transaksional

Dalam konteks global, lanjut dia, tari menjadi titik temu yang memungkinkan antarmanusia untuk saling mengenal dan memahami perbedaan antarbudaya. “Tari sebagai seni ekspresi menciptakan rasa empati dan pengertian di antara manusia,” tandas pria yang kini mengambil program doktor di Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya itu.

Melalui gerakan tubuh yang penuh makna, penari mampu menyampaikan emosi dan pesan yang sangat mendalam kepada penonton. Tari menjadi medium yang efektif untuk menyampaikan pesan perdamaian, toleransi, dan persatuan. 

Halaman Selanjutnya
img_title