4 Jenis Nyai di Pulau Madura, Ternyata Bukan Perempuan Tua atau Gundik

Ilustrasi Nyai
Sumber :
  • IST/Viva Jatim

Jatim –Pengertian Nyai di kalangan masyarakat Madura selalu menarik dan menjadi perhatian. Pasalnya, Madura dikenal sebagai pulau seribu pesantren. Ternyata, pengertian Nyai di kalangan masyarakat Madura bukanlah perempuan tua sebagaimana anggapan kebanyakan orang.   

Strategi Jitu Toko Kelontong Madura Saingi Indomaret dan Alfamart

Pengertian Nyai di pulau Madura bukan merujuk kepada perempuan yang sudah tua atau sudah kawin atau bahkan nyai diartikan sebagai gundik sebagaimana tradisi Bangsa Eropa. Tetapi, bagi masyarakat Madura Nyai adalah orang yang mulia di mata masyarakatnya.  

Pendidikan yang dibangun tidak sama terhadap sosok nyai di Madura dengan kalangan masyarakat Madura pada umumnya. Pendidikan Nyai Madura menjadi salah satu contoh bagaimana perempuan sebenarnya menempatkan perannya di tengah-tengah kehidupan masyarakat yang sangat komplek di pulau Madura.     

Tenggelam di Gresik, Zainal Terseret Arus dan Ditemukan di Perairan Raas Sumenep

Dilansir dari buku Nyai Madura, berikut 4 Jenis-Jenis Nyai di pulau Madura: 

1. Nyai Pesantren

PKB Raih Suara Terbanyak Dapil Madura, Sisa Kursinya Diisi Pendatang Baru

Nyai pesantren adalah nyai yang dibesar di pesantren atau memang keturunan langsung dari seornag kiai yang ada di pesantren. Bisa jadi nyai di pesantren adalah perempuan yang bukan keturunan asli dari sebuah pesantren. Melainkan perempuan yang dijadikan istri oleh seorang kiai yang ada di Madura. 

1. Nyai Kompolan

Halaman Selanjutnya
img_title