Cerita Sunan Cendana Bertemu Ikan Mondung

Makam Sunan Cendana
Sumber :
  • Viva.co.id

Jatim –Di pulau Madura, terdapat beberapa waliyullah yang memiliki keunikan dan keajaiban dalam perjuangannya. Termasuk di antaranya adalah Sunan Cendana dan pertemuannya dengan Ikan Mondung

Strategi Jitu Toko Kelontong Madura Saingi Indomaret dan Alfamart

Dilansir dari berbagai sumber, mulanya Sunan Cendana merupakan salah satu waliyullah yang sampai di Pulau Madura bukan  dengan berjalan kaki apalagi harus menyebarang sebuah selat. Melainkan ia bertemu dengan ikan Mondung.

Ditengah perjalanan Sunan Cendana bertemu dengan seekor ikan besar, ikan tersebut dikenal sebagai ikan Mondung. Kemudian ikan Mondung ini menawarinya untuk naik di atas punggung ikan dan meminta Sunan Cendana untuk tidak membunuhnya.

Tenggelam di Gresik, Zainal Terseret Arus dan Ditemukan di Perairan Raas Sumenep

Maka, seketika itu Sunan Cendana menyetujui permintaan ikan Mondung dan naik ke atas punggung ikan. Sesampainya di Pulau Madura atau tepatnya di pesisir pantai Kecamatan Kwanyar sebelah timur Wisata Pantai Rongkang Bangkalan

Turunlah Sunan Cendana dari punggung ikan Mondung lalu berkata kepada ikan bahwa ikan tersebut boleh meminta hal apa saja demi membalas kebaikannya.Namun ternyata ikan Mondung tidak meminta apa – apa kecuali barokah dari Sunan Cendana. 

Pastikan Proses Evakuasi Masyarakat Rentan, Pj Gubernur Jatim Gerak Cepat Tinjau Banjir di Bangkalan

Mendengar hal itu spontan Sunan Cendana berjanji kepada ikan Mondung bahwa jika kelak ada keturunan beliau yang memakan dia beserta keturunannya maka keturunan Sunan Cendana akan terkena penyakit kulit.

Setelah itu ikan Mondung langsung pergi berenang menuju tengah Selat Madura dan Sunan Cendana memilih beristirahat sejenak di pinggiran pantai Rongkang.Kemudian tempat peristirahatan beliau dikenal dengan sebutan “Pelenggien”. 

Halaman Selanjutnya
img_title