Seram, Begini Suara Asli Matahari Menurut Ahli Heliofisika

Badai matahari
Sumber :
  • Viva

Jatim – Sekilas, matahari nampak sebagai benda langit yang sunyi, dalam artian tidak ada kehidupan dan suara di sana. Hal itu karena suara tidak dapat merambat melalui ruang. Kalau bisa, kebisingan pusat Tata Surya akan sangat-sangat mengganggu. 

5 Makanan Sehat untuk Sarapan di Pagi Hari, Ada Telur Hingga Buah

Matahari merupakan reaksi fusi nuklir raksasa yang dianut begitu banyak energi sehingga memanaskan memperluas seluruh planet kita juga seluruh Tata Surya.

Selain cahaya dan panas, bintang itu juga mengeluarkan suara dalam jumlah yang signifikan. Akan tetapi, kita tidak mendengar karena suara tidak dapat merambat melalui ruang hampa yang tidak mengandung partikel untuk membawa getaran. 

Sampai Kapan Bumi akan Bertahan?

Hal ini diungkap oleh ahli heliofisika terkemuka dari Studi Antariksa Southwest Reserch Institute dalam utas Reddit 2015, Craig DeForest, di mana ia menjawab pertanyaan tentang seberapa keras Matahari jika suara secara hipotesis dapat berjalan melalui ruang angkasa seperti halnya melalui atmosfer Bumi.

Setelah beberapa pertimbangan, dia menjelaskan bahwa Matahari secara teoritis akan mengeluarkan suara sekitar 100 desibel, hampir sama kerasnya dengan berdiri di samping seorang pembicara di konser rock atau klub malam yang ramai.

Fakta Ilmuwan: Satu Hari di Bumi Bisa Berlangsung hingga 60 Jam

Itu sangat luar biasa jika Anda menganggap Matahari berjarak 150 juta kilometer (lebih dari 93.000.000 mil) dari kita, menurut situs IFL Science , Rabu, 31 Mei 2023. "Matahari sangat keras. Untung suara tidak menyebar melalui ruang angkasa," ujarnya di postingan tersebut.

Dia menambahkan bahwa kita memiliki gambaran tentang kualitas suara berkat berbagai instrumen ilmiah, seperti Michelson Doppler Imager (MDI), yang dipasang di pesawat ruang angkasa SOHO mengorbit Matahari 1,6 juta kilometer (1 juta mil) dari Bumi. 

Halaman Selanjutnya
img_title