Simak Penjelasan Lengkap Perbedaan Ibadah Haji dan Umrah

Ribuan umat melakukan tawaf dan peribadatan di Masjidil Haram, Mekah.
Sumber :
  • Viva.com

Jatim – Pergi ke tanah suci Mekkah untuk ibadah haji dan umrah adalah dambaan semua umat Islam. Tidak terkecuali bagi Indonesia yang mayoritas masyarakatnya muslim. Tak ayal, jika pemerintah Arab Saudi memberikan kuota terbanyak setiap tahunnya bagi Indonesia. 

Kiranti, Minuman Herbal Khusus Wanita saat Haid ini Bisa Diminum Setiap Hari

Berbicara soal haji dan umrah, perlu diketahui bahwa keduanya adalah ibadah yang berbeda, meskipun di tempat yang sama. Lantas apa saja yang membedakan? Berikut ini penjelasan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dikutip dari VIVA, Sabtu, 3 Juni 2023. 

Perbedaan ibadah haji dan umrah dapat dilihat 4 hal. Yakni waktu pelaksanaannya, hukumnya, rukun ibadahnya, dan kewajibannya. 

Respon PBNU soal Pendeta Gilbert yang Olok-olok Salat dan Zakat

1. Waktu Pelaksanaan

Ibadah haji harus dilaksanakan di waktu tertentu sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Allah. Waktu pelaksanaan haji terbatas pada rentang waktu mulai dari awal bulan Syawal sampai subuhnya hari raya Idul Adlha atau 10 Dzulhijjah. 

Umat Islam akan Jalani 2 Kali Ramadan dalam Setahun, Kapan Itu?

Sedangkan ibadah umrah dapat dilakukan kapan saja tidak terbatas oleh waktu-waktu tertentu. Terpenting sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh pihak berwenang. 

2. Perbedaan Hukum

Halaman Selanjutnya
img_title