4 Perbedaan Ibadah Haji dan Umrah, Jemaah Haji Harus Tahu

Haji (ilustrasi)
Sumber :
  • Istimewa

JatimJemaah haji hari ini sudah melaksanakan ibadah haji di Mekkah tetapi berbeda dengan ibadah umrah meski haji dan umrah merupakan ibadah yang dilakukan dengan menziarahi Baitullah di Tanah Suci Mekah, Arab Saudi. 

Kiranti, Minuman Herbal Khusus Wanita saat Haid ini Bisa Diminum Setiap Hari

Kendati kedua ibadah ini memiliki kemiripan, tapi keduanya berbeda. Setidaknya terdapat 4 perbedaan haji dan umrah, misalnya saja waktu pelaksanaan dan perbedaan hukumnya. 

Untuk informasi lebih lengkap, berikut kami telah merangkumnya dari laman Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jumat 2 Juni 2023.

Derita Palestina, MUI: Aksi Bantuan Lebih Dibutuhkan Ketimbang Seruan Boikot

1. Waktu Pelaksanaan 

Ibadah haji harus dilaksanakan di waktu tertentu sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Allah. Waktu pelaksanaan haji terbatas pada rentang waktu mulai dari awal bulan Syawal sampai subuhnya hari raya Idul Adlha atau 10 Dzulhijjah. Sedangkan umrah dapat dilakukan kapan saja tidak terbatas oleh waktu-waktu tertentu.

Kemenag Jatim Undi Urutan Daerah Keberangkatan Jemaah Haji, Ini Hasilnya

2. Perbedaan hukum

Ibadah haji dapat diartikan sebagai kegiatan yang sengaja untuk berkunjung ke Kabah di Mekah untuk melakukan serangkaian amalan yang telah diatur dan ditetapkan oleh Allah SWT di waktu yang telah ditentukan pula.

Halaman Selanjutnya
img_title