Bolehkah Patungan Beli Hewan Kurban? Simak Ketentuannya

Ilustrasi Sapi Kurban Idul Adha
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Diberi kemampuan membeli hewan untuk kurban adalah dambaan semua umat Islam. Di momentum Idul Adha yang akan segera datang ini, segala persiapan untuk kurban telah dilakukan. Mulai dari memilih jenis hewan yang sesuai dengan ketentuan, menentukan tempat atau yayasan penyaluran daging kurban dan sebagainya. 

Respon PBNU soal Pendeta Gilbert yang Olok-olok Salat dan Zakat

Masyarakat Indonesia sendiri seringkali melakukan patungan untuk membeli hewan kurban, khususnya sapi. Hal itu dinilai sebagai solusi tepat menyikapi harga satu ekor sapi yang mahal, yang mungkin tidak mampu dibeli oleh seorang diri. 

Dalam syariat Islam, dikutip VIVA dari laman Nahdlatul Ulama, Selasa 5 Juni 2023, membeli sapi dengan patungan diperbolehkan. Asalkan jumlah orang yang patungan maksimal tujuh orang. Namun tidak bagi jenis kurban kambing.

Silaturahmi Ramadan, Ketua NU Jatim Ajak Jaga Persatuan Bangsa

Patungan untuk kurban kambing berdasarkan syarat Islam ini tidak diperbolehkan. Begitu juga dengan patungan sapi kurban yang dilakukan lebih dari 7 orang juga tidak diperbolehkan.

Apabila lebih, maka kurban hanya akan berupa daging yang halal dimakan tapi tanpa pahala kurban karena syaratnya tidak terpenuhi.

Perkuat Sinergi dengan Awak Media, NU Jatim Ajak Budayakan Tabayun 

Adapun alasan diperbolehkannya unta, sapi dan kerbau untuk kurban tujuh orang, dikarenakan hewan tersebut memiliki nilai harga yang sama dengan tujuh ekor kambing atau domba.

Hal ini tentu memiliki landasan kuat dalam hadits Rasulullah SAW, sebagaimana yang tercatat dalam Al-Mustadrak karya Al-Hakim, Ibnu Abbas mengatakan: 

Halaman Selanjutnya
img_title