Saat Anwar Sadad Resapi Tausiah Habib Umar bin Hafidz di Tebuireng Jombang

Habib Umar bin Hafidz di Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang.
Sumber :
  • Dokumentasi Anwar Sadad.

Surabaya, VIVA Jatim – Kehadiran Habib Umar bin Hafidz ke Jawa Timur pada Selasa dan Rabu, 23 Agustus 2023, disambut gembira oleh ribuan Muslim-Muslimat. Selain rindu ingin bertemu langsung dengan ulama kharismatik tersebut, mereka juga ingin meresapi tausiah yang bijak dari ulama asal Negeri Wali, Tarim, Yaman, itu. Di antara ribuan umat yang merindukan bermuwajjahah dengan Habib Umar ialah Wakil Ketua DPRD Jatim, Anwar Sadad.

Gus Fawait: Wajah Damai usai Pilpres 2024 Juga Harus Terjadi pada Pilkada 2024

Selama dua hari, ada tiga titik yang jadi lokasi rihlah dakwah Habib Umar. Yaitu menghadiri acara Multaqa al-Ulama di Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang. Di sana, pembaharu Islam dari Yaman itu juga berziarah ke makam pendiri NU Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari dan makam keluarga besarnya, di antaranya KH A Wahid Hasyim dan Presiden RI keempat KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Habib Umar tiba di Pondok Pesantren Tebuireng sekira pukul 14.30 WIB dan disambut oleh pengasuh pesantren, KH Abdul Hakim Mahfudz dan dzurriyah Mbah Hasyim Asy’ari. Terlihat di antaranya KH Hasyim Karim, KH Irfan Yusuf, KH Fahmi Hadziq. Habib Umar tiba bersama rombongan, di antaranya didampingi oleh Habib Jindan Novel Salim Jindan dan Habib Ali Zainal Abidin Alhamid.

Mudik Gratis Sukses, DPRD Jatim Minta Tambahan Armada untuk Berikutnya

Terlihat pula para ulama Jatim, di antaranya, Rais Syuriah PWNU Jatim KH Anwar Manshur, Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar, ada pula kiai dari Pondok Pesantren Lirboyo KH Abdullah Kafabih Mahrus, lalu KH Agoes Ali Masyhuri, KH KH Ubaidillah Faqih, Habib Segaf Baharun, dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, Jawa Tengah, KH Najih Maimun Zubair.

Dari kalangan pejabat, terlihat hadir Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Toni Harmanto, Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad, dan Forkopimda kabupaten setempat. Habib Umar dan semua tamu undangan berkumpul bersama ribuan umat Muslim-Muslimat yang memenuhi kompleks Pondok Pesantren Tebu Ireng.

Pertumbuhan Ekonomi Gresik di Bawah Rata-Rata Nasional, Butuh Sentuhan Birokrasi

“Kehadiran Habib Umar bin Hafidz [di Pondok Pesantren Tebuireng] lebih menitikberatkan kepada peran Hadratussyaik Muhammad Hasyim Asy’ari di dalam melakukan pembaruan agama dalam konteks bisa mengembalikan praktik-praktik agama dalam kehidupan masyarakat pada masa yang tentu tantangannya berat saat itu,” kata Anwar Sadad mengulang apa yang disampaikan Habib Umar.

“Tak ragu Habib Umar mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Hadratussyaikh Muhammad Hasyim Asy’ari adalah suatu pembaruan. Organisasi yang didirikan dan ditinggalkan Hadratussyaikh Muhammad Hasyim Asy’ari, yaitu Nahdlatul Ulama, adalah pembaharu karena jami’yah ini membawa umat pindah menuju kebaikan dalam beragama,” imbuh Ketua DPD Gerindra Jatim itu.

Halaman Selanjutnya
img_title