Selain Ganti Oli, Ini Ritual Tambahan Agar Performa Motor Terjaga

Pengecekan Motor (Ilustrasi)
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimSepeda motor sampai saat ini masih menjadi kendaraan pribadi yang paling banyak diminati di Indonesia, di mana populasinya menurut data Korps Lalu Lintas Polri mencapai lebih dari 133 juta unit.

Pria di Surabaya Ambil Uang di ATM Minimarket, Keluar Malah Kehilangan Motor

Dari jumlah sebanyak itu, sepeda motor jenis skuter matik mendominasi dengan pangsa pasar mencapai 89,73 persen di tahun 2023. Hal itu bisa terjadi, karena kuda besi tersebut mudah dioperasikan dan perawatannya juga tidak sulit.

Servis berkala menjadi kunci dari performa optimal skuter matik, dan hal itu bisa didapatkan bukan hanya dari sekadar mengganti oli saja.

Kawasaki Ninja Rilis Model Baru 500 SE, Hanya 250 Unit di Dunia

"Ganti oli rutin memang penting, tapi perlu ritual tambahan untuk menjaga performa mesin," ujar Manager Promosi PT Autochem Industry, Dhany Ekasaputra, dikutip dari VIVA pada Minggu, 11 Februari 2024.

Dhany menuturkan, residu dari oli bekas dan aditif yang kedaluwarsa dapat menumpuk di dalam mesin. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan engine flush, setiap 2–3 kali penggantian oli.

Pemuda Mojokerto Nekat Curi Motor Milik Polisi di Asrama Brimob

"Master Oil System Cleaner misalnya, perlu waktu 15 menit saat mesin hidup sebelum oli diganti. Penggunaan yang tepat sangat penting, untuk menghindari risiko baret pada dinding silinder,” tuturnya.

Setelah membersihkan residu, performa mesin disebut-sebut juga bisa lebih maksimal lagi apabila sepeda motor menggunakan paket Liquid Tune-Up yang disediakan oleh Autochem.

Halaman Selanjutnya
img_title