Aneka Manfaat Terapi Akupunktur, Jadi Pengobatan Paliatif Penderita Kanker

Ilustrasi Terapi Akupunktur
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimTerapi Akupunktur ternyata memiliki aneka manfaat bagi kesehatan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga mengakui bahwa metode terapi yang satu ini banyak memberikan manfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. 

Kabar Baik, RIRS Jadi Inovasi Baru Pengobatan Batu Ginjal

Namun, dalam konteks kanker, akupunktur berperan sebagai terapi paliatif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dengan mengatasi nyeri, mengurangi efek samping yang timbul saat menjalani pengobatan kanker, dan mengurangi gejala penyakit kanker lainnya. 

Menurut WHO, kanker menjadi penyebab kematian kedua terbanyak di seluruh dunia. Sementara itu, berdasarkan data dari Globocan yang dirilis tahun 2020, Indonesia memiliki kasus baru kanker sebanyak 396.914 dan kasus kematian akibat kanker sebanyak 234.511 jiwa.

Detik-detik Pasien Asal Surabaya Tewas di Kamar Mandi Pondok Gus Samsudin di Blitar

Pasien kanker stadium awal umumnya memiliki sejumlah pilihan terapi yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing individu, seperti pembedahan, kemoterapi, radioterapi, imunoterapi, terapi hormon, serta terapi target.

Namun pada pasien dengan kanker stadium akhir, tindakan yang dilakukan biasanya bersifat paliatif.

RS Muji Rahayu Angkat Bicara Soal Temuan Potongan Payudara di Surabaya

Terapi paliatif merupakan perawatan pada seorang pasien dan keluarganya yang memiliki penyakit terminal dengan cara memaksimalkan kualitas hidup pasien serta mengurangi gejala yang mengganggu. Perawatan paliatif pada umumnya meliputi manajemen nyeri, manajemen gejala lain, dan dukungan emosional serta spiritual.

Peran Akupunktur sebagai Metode Terapi Paliatif 

Halaman Selanjutnya
img_title