Jangan Abaikan Hal Ini Bila Hendak Ganti Pelek Mobil

Pelek Mobil
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Salah satu komponen penting dalam perangkat badan mobil adalah pelek. Bahan yang terbuat dari logam ini tak hanya berfungsi sebagai aksesoris yang menambah keelokan mobil, melainkan juga memiliki peran penting dalam menopang beban kendaraan. Ia pun harus bekerjasama dengan ban agar laju kendaraan tetap stabil. 

Truk Tangki Gas Terguling di Perbatasan Sidoarjo-Mojokerto, Timpa Mobil Pikap hingga Pemotor

Untuk itu jangan pernah abaikan hal ini pada saat hendak mengganti pelek, agar kendaraan tetap aman dan nyaman saat dipakai. Baik dalam jarak dekat maupun jauh. 

Dilansir dari Viva Otomotif, ukuran pelek harus disesuaikan dengan Ukuran standar. Ukuran yang sesuai dengan standar dapat membuat mobil terlihat lebih simpel karena serasi dengan ukuran bodi mobil. Hal ini berlaku untuk semua jenis mobil agar kendaraan tetap nyaman dipakai.

Kehabisan Bensin saat Melaju di Tol? Jangan Panik, Lakukan Hal Ini

Pemilik mobil perlu mengenali dengan baik material pelek. Material yang biasa digunakan untuk komponen ini adalah jenis logam ringan. Seperti baja billet, paduan logam, dan magnesium. Dari bahan-bahan tersebut, sebagian besar memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan pelek yang terbuat dari baja. Pelek yang lebih ringan jauh lebih baik karena dapat mengurangi bobot mobil secara keseluruhan. 

Kemudian yang tak kalah penting adalah memilih profil ban yang tepat. Ban dengan profil yang terlalu tipis berpotensi merusak bibir pelek jika menghantam lubang. Bahkan ban dengan profil yang tipis juga akan membuat sistem peredaman terasa keras.

Tren Modifikasi Mobil Ini Meningkat Pesat di Indonesia

Pemilik mobil juga jangan lupa untuk mengecek offset (ET) bawaan pelek. Ukuran offset akan menentukan pemasangan komponen yang aman dan indah dari segi estetika. Jika offset yang digunakan tidak cocok, maka akan terlihat terlalu menjorok ke dalam atau ke luar ruang roda. 

Tidak hanya membuat nilai estetika berkurang, tetapi juga akan berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan berkendara karena pasti rentan bergesekan dengan komponen lain. Semoga bermanfaat.