Nadzam Tsamratul Mizan Hadir Versi Digital, Dilengkapi Makna hingga Audio

Nadzam Tsamratul Mizan di aplikasi yang terdapat di Google Play.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Malang, VIVA Jatim – Dunia digital semakin mempermudah dalam menimba berbagai ilmu hingga berinovasi. Santri Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading sekaligus mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) membuat nadzam atau syair makna fungsional wazan yang bisa didownload melalui Google Play.

Komitmen ACI Wujudkan Kedaulatan dan Kesejahteraan Ekonomi Bangsa Indonesia

Muh Syahri Romadhon namanya. Ia beri nama karangan tersebut 'Nadzam Tsamratul Mizan'. Menariknya memiliki aplikasi berbasis Android, bisa diunduh di Google Play Store dengan mengetik nama nadzam 'Tsamrotul Mizan'.

"Nadzam ini diberi nama Tsamratul Mizan fii Ma’aani Intiqalil Awzaan. Dalam aplikasi ini juga disertai audio, syarah (penjelasan), dan terjemah dari nadzam tersebut," terang Muh Syahri Romadhon saat dihubungi, Sabtu, 15 Juni 2024.

Ninja Xpress Siap Bantu pemberdayaan UKM Jawa Timur dengan Solusi Terintegrasi

Syahri mengaku latar belakang membuat nadzam ini berawal fenomena banyak santri yang merasa kesulitan dalam menghafal faidah-faidah perubahan wazan sharf (Arabic Verbal Conjugations and their Functional Meanings) dalam kitab Al-Amtsilah At-Tashrifiyyah karya Syekh Ma'shum bin Ali Jombang. 

Terlebih faidah-faidah tersebut cukup banyak dan disajikan dalam bentuk prosa yang semakin menambah kesulitan untuk menghafalkan. Ia mencoba meringkas lebih sederhana melalui nadzaman syair agar lebih mudah. 

Strategi Jitu Toko Kelontong Madura Saingi Indomaret dan Alfamart

"Oleh karena itu, saya menyusunnya dan menggubahnya menjadi sebuah nadzam agar mudah dihafalkan. Pada tiap bait saya sertakan contoh supaya mudah dipahami," paparnya.

Pemuda asal Baureno Bojonegoro ini saat ditanya berapa lama mengarang, sekitar satu mingguan. Akan tetapi tidak seminggu penuh, karena kesibukan rutinitas kadang sehari menyusun, sehari tidak, dan melanjutkan hari berikutnya.

Halaman Selanjutnya
img_title