Rongsokan Disulap Motor Listrik Samdimas EV

Andi bersama motor listrik Samdimas EV
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Isu pemanasan global menjadi perhatian Andreas Andi Setiawan (31) untuk menciptakan motor listrik di lingkungannya. Berkaca dari pengalamannya di otomotif dan mesin, ia ingin mengurangi polusi udara yang dikeluarkan kendaraan motor melalui green transportations lewat motor listrik.

Kasus Kriminal di Tulungagung Tahun 2023 Menurun, Laka Lantas Meningkat

Samdimas EV merupakan julukan hasil motor listrik rakitan, yang artinya 'Sampah Jadi Emas Electric Vehicle'. Persoalan pelik menjadi sebuah jawaban yang membuahkan hasil dengan menggandeng Forum Komunitas Hijau (FKH) Kabupaten Tulungagung.

"Beberapa item menggunakan daur ulang, seperti body motor terbuat dari limbah rombong bekas mie ayam. Kalau memodifikasi swing arm juga menggunakan plat dari rombong tersebut, sehingga lebih indah," jelas Andreas Andi saat ditemui di bengkelnya, Sabtu 31 Desember 2022.

Cara Khofifah Wujudkan Energi Non Fosil lewat Motor Listrik dan PLTS Atap

Berawal dari peluang menjanjikan itulah, Andi bersama Forum Komunitas Hijau (FKH) bertekad menciptakan motor listrik dari bahan daur ulang yang ramah lingkungan. 

Alhasil, di bengkel beralamatkan Jalan Hasanudin Nomor 3 Plandaan, Kedungwaru Kabupaten Tulungagung ini merealisasikan motor listrik. 

Turnamen Ansor Cup XVIII Diimbau Tetap Kondusif di Tulungagagung

"Isu rumah kaca, lalu juga pengurangan emisi Karbondioksida. Melihat sebuah peluang dari basic kami adalah Bengkel Sepeda Motor di Tulungagung," ungkap Andi.

Dirinya bersama tim mengusung konsep merah putih untuk motor Samdimas EV untuk mempertahankan keaslian.

Halaman Selanjutnya
img_title